Cara Mudah Memilih Flashdisk Yang Benar

15/12/2016    Alfiana Irsyada Salma    2311     Website

Saat ini hampir semua orang membutuhkan sebuah penyimpanan data portable yang simple dan mudah untuk dibawa kemana – mana. Seperti yang kita ketahui, Flashdisk atau USB Drive merupakan sebuah perangkat penyimpanan data portable yang paling cocok untuk kebutuhan semua orang, terutama bagi para pelajar, mahasiswa, pekerja, pebisnis, dan masih banyak lagi. Namun, banyak orang yang tidak mengetahui cara memilih flashdisk yang benar. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai cara mudah memilih flashdisk yang benar.

Flashdisk berfungsi untuk menyimpan data, jika kita tidak bisa memilih flashdisk dengan benar maka akan mudah rusak. Oleh karena itu, kalian harus mengetahui cara memilih flashdisk dengan benar agar kalian bisa menggunakan flashdisk tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Pengenalan Flashdisk

Kalian harus terlebih dahulu mengenal apa itu flashdisk? Flashdisk adalah sebuah perangkat penyimpanan file atau data yang berupa NAND, di dalam flashdisk sudah di tanamkan controller dan memori penyimpanan data yang memiliki sifat non – volatile, sehingga data tidak akan hilang meskipun perangkat tidak dialiri listrik. Jika dilihat dari segi komponen, flashdisk memiliki partisi (pemisah atau pembatas) yang lebih sederhana dari penyimpanan internal hardisk. Karena flashdisk tidak membutuhkan motor, piringan, atau bagian lain yang bekerja secara mekanis, hal tersebut yang membuat flashdisk menjadi lebih ringan dan praktis untuk dibawa kemana saja.

Fungsi Flashdisk

Pada umumnya flashdisk berfungsi sebagai perangkat penyimpanan dan memindahkan data dari satu piranti ke piranti yang lain, namun ternyata bukan hanya itu saja fungsi dari flashdisk. Flashdisk juga bisa untuk menjalankan aplikasi portable dari flash drive USB seperti Open Office. Open Suite sendiri merupakan aplikasi yang lengkap dimana memiliki fitur spreadsheet, pengolah kata, paket menggambar, hingga presentasi. Aplikasi tersebut hampir mirip dengan Office, yakni Microsoft Office. Selain itu, kalian juga bisa memutar audio, video, utilitas antivirus, bermain permainan sederhana, dan masih banyak lagi.

Cara Mudah Memilih Flashdisk Yang Benar

Ketika kalian membeli flashdisk tentunya kalian ingin mendapatkan flashdisk yang dilengkapi dengan kualitas yang terbaik agar tidak mudah rusak. Untuk mendapatkan flashdisk yang benar kalian harus jeli dalam memilih, berikut ini cara mudah memilih dan merawat flashdisk dengan benar.

Perhatikan Casing

Dikarenakan komponen flashdisk sangat rentan dan rakitannya tidak terlalu kuat, maka kalian harus memperhatikan casing flashdisk sebelum membelinya, karena casing memiliki peran besar dalam melindungi setiap part di dalamnya. Pilihlah casing yang terbuat dari bahan yang kuat, dipasang dengan baik, dan tahan goncangan. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika sewaktu – waktu flashdisk terjatuh atau terbentur benda keras.

Perhatikan Merk

Setelah kalian menemukan casing flashdisk yang bagus, selanjutnya perhatikan merk atau brand flashdisk tersebut. Sebaiknya pilih merk terkenal karena kualitasnya sudah terbukti bagus, selain itu flashdisk ber-merk biasanya sudah dilengkapi dengan garansi dan juga standarisasi software. Beberapa merk flashdisk yang sudah terbukti kualitasnya diantaranya, Kingston, Hp, Sandisk, Toshiba, Vgen, HP, Adata, dan Transcend.

Kecepatan Mentransfer Data

Kecepatan transfer data juga menjadi faktor penting dalam memilih flashdisk. Jika kalian memilih flashdisk dengan kecepatan transfer yang rendah tentu akan sangat mengganggu, ditambah kalian mentransfer file yang berukuran besar dan sedang dikejar waktu. Jadi, sebaiknya kalian memilih flashdisk dengan rate speed transfer yang tinggi.

Keamanan Flashdisk

Bagi kalian yang suka menyimpan file – file pribadi di dalam flashdisk, tentunya fitur keamanan menjadi bahan pertimbangan saat memilih flashdisk. Sekarang ini, sudah banyak flashdisk yang dilengkapi dengan Security Feature seperti Security Hardware Encryption atau USB Security Flashdisk Ironkey. Jadi, sebaiknya pilihlah flashdisk yang sudah dilengkapi dengan keamanan.

Harga

Hal terakhir yang perlu diperhatikan ialah harga. Saat memilih flashdisk diusahakan pilihlah flashdisk yang memiliki harga mahal, diantara flashdisk lain yang berkapasitas sama, akrena flashdisk yang memiliki harga mahal pada umumnya memiliki kualitas tinggi dari pada flashdisk murah. Namun, tetap saja kalian harus menyesuaikan budget yang kalian miliki.

Setelah kalian mengetahui cara mudah memilih flashdisk yang benar, kalian juga harus mengetahui cara mudah merawat flashdisk yang benar pada artikel selanjutnya. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk teman – teman sebelum membeli flashdisk.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More