Cara Mudah Memilih Domain Yang Benar Dan Tepat

Domain merupakan alamat website yang kita miliki. Domain berguna untuk mempermudahkan pengunjung web mengingat alamat website yang kita miliki. Oleh karena itu, kita perlu memiliki nama domain yang mudah diingat oleh banyak orang. Berikut ini ada beberapa cara mudah memilih domain yang benar dan tepat.

Memilih domain yang benar dan tepat untuk sebuah website atau blog jangan dianggap hal yang mudah karena nama domain akan menentukan identitas website, konten, dan juga sebagai pendongkrak seo. Perhatikan baik-baik cara mudah memilih domain yang benar dan tepat.

Pertama, nama domain mewakili isi website dan harus mudah diingat.

Bila kalian memiliki website yang akan membahas seputar teknologi, kalian bisa menggunakan keyword atau kata kunci sebagai nama domain. Sebaiknya, nama domain tidak terlalu panjang, pilih dua suku kata agar mudah diingat (maksimal 3 suku kata), jangan menggunakan karakter seperti dash, hypen (-), atau underscore (_), hindari hal tersebut.

Kedua, pilih nama domain (.com).

Seperti yang sudah kita ketahui banyak nama domain yang menggunakan .com dan hal tersebut tidak bisa dirubah, banyak orang yang suka menggunakan akhiran nama domain .com, jadi sebaiknya hindari domain dengan akhiran lain seperti (web.id), (.info), atau hindari domain yang tidak terkenal seperti (.net). Pilihlah akhiran domain yang lebih terkenal.

Ketiga, jangan memakai nama domain untuk negara tertentu (co.id, co.uk, co.in, co.jp, dan lain sebagainya).

Kalian harus menghindari nama domain yang ditujukan untuk negara tertentu seperti co.id atau co.uk. karena, Google secara otomatis akan melisting website, khusus untuk negera tersebut. Hal tersebut harus kalian hindari, jika kalian ingin membuat web yang ditujukan untuk para pembaca global.

Keempat, hindari menggunakan nama domain yang sudah digunakan.

Bila sudah ada website yang menggunakan nama domain misalnya kursusmobileapplication.com atau kursusit.com, sebaiknya kalian hindari menggunakan nama domain tersebut dan kalian bisa pilih nama domain yang berbeda seperti (web.id), (.net), dan lain sebagainya. Karena menggunakan nama domain yang sama akan memberi kerugian daripada keuntungan. Website dengan nama domain yang sama kemungkinan akan kalah bersaing, dan pembaca bisa menyasar ke website tersebut, dan masih banyak kerugian lainnya.

Kelima, jangan menggunakan nama domain perusahaan atau merek.

Jika kita membeli domain memang tidak ada larangan untuk memakai nama dagang perusahaan atau merek lain, namun sebaiknya hal tersebut dihindari karena bila isi website kalian dinilai tidak berkualitas, mencemarkan nama baik, atau membuat kebingungan, maka nama domain bisa diambil secara paksa oleh perusahaan yang bersangkutan.

Keenam, jangan menggunakan nama domain gratis.

Banyak yang menawarkan domain gratis, namun nama domain yang gratis akan membuat orang mengganggap rendah isi website atau layanan, jasa produk yang ditawarkan. Orang lain akan menilai kalian tidak memiliki modal dan tidak bonafit. Sebaiknya, gunakanlah domain yang berbayar.

Setelah kalian sudah memilih nama domain yang benar dan tepat, kalian bisa memilih web hosting yang berkualitas serta nama domain yang berkualitas dan dapat dipercaya. Sebaiknya, kalian memilih dan membeli domain dan hosting di perusahaan yang sudah berdiri lama dan terpercaya guna untuk mencegah hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Selamat mencoba cara mudah memilih domain yang benar dan tepat.

4 Februari 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat