Cara Mudah Backup Data Pada Laptop

Demi menjaga keamanan data para pengguna laptop, sebaiknya para pengguna mengetahui cara memback-up data pada laptop. Hal tersebut sangat penting dilakukan karena sewaktu – waktu kita pasti mengalami masalah terkena virus yang dapat menyebabkan laptop hang (mati total) atau data – data secara tiba – tiba hilang karena malware, dan masalah – masalah lainnya.

Mungkin sebagian pengguna Windows 7 merasa aman karena di dalamnya dilengkapi dengan tool Backup and Restore. Kemampuannya cukup bagus untuk menyimpan data ke storage atau media penyimpanan eksternal dengan mudah. Namun, bagi kalian para pengguna laptop lainnya, bisa melakukan cara berikut ini. Cara mudah backup data pada laptop.

Langkah pertama, Klik “Start – Control Panel – System and Security – Backup and Restore”.

Langkah kedua, Klik “Set Up Backup” untuk memulai pengaturan Backup. Membutuhkan waktu yang lumayan lama, namun biasanya tidak lebih dari dua menit untuk menganalisis media yang tersedia untuk melakukan backup.

Langkah ketiga, pilihlah tempat atau lokasi dimana kalian ingin menyimpan data backup. Misalnya, pada ruang yang memiliki kapasitas lumayan banyak seperti hard drive eksternal, hard drive jaringan, atau flash drive yang cukup memiliki ruang. Setelah itu, usahakan siapkan ruang kosong sebesar minimal 10 GB.

Langkah keempat, pilihlah direktori yang didukung atau memilih lokasi penyimpanan lainnya. Setelah itu, pilih Next untuk melakukan backup.

Langkah kelima, Klik “Jadwal Perubahan” dan jangan lupa untuk memilih waktu dan frekuensi sesuai dengan kebiasaan pengguna memakai laptop. Pilih waktu ketika pengguna biasanya tidak menggunakan laptop. Agar proses backup lebih lancar dan tidak mengganggu pekerjaan. Karena, proses backup data cukup menyita resource laptop. Kalian bisa melakukannya saat malam hari.

Langkah keenam, Klik “Simpan Pengaturan dan Jalankan Backup” kemudian “Backup Now” untuk memulai backup pertama dan menyimpan cadangan pilihan pengguna. Backup berlangsung dalam beberapa menit atau bisa sampai satu jam, tergantung pada apa yang pengguna backup. Setelah selesai melakukan backup kalian dapat menghapus sumber eksternal.

Pesannya jika memiliki data yang sangat penting, sebaiknya pengguna melakukan backup secara berkala. Jadi, jika sewaktu – waktu ada masalah, kalian masih mempunyai data backup yang aman. Sangat mudah untuk kalian lakukan, bukan? Selamat mencoba

29 Juli 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat