Cara Mudah Agar Baterai Smartphone Tahan Lama

Smartphone sekarang ini sudah dilengkapi dengan layar yang luas, prosesor yang cepat, serta dukungan RAM yang besar guna untuk kemampuan multitasking yang tinggi, sehingga hal tersebut berdampak pada kecenderungan menggunakan smartphone secara berlebihan, selain itu akan semakin besar dan akan menyebabkan daya tahan baterai smartphone mudah melemah. Oleh karena itu, kalian perlu mengetahui cara mudah agar baterai smartphone tahan lama.

Perlu kalian ketahui akibat dari penggunaan smartphone yang berlebihan dapat membuat kalian kecanduan smartphone dan menyebabkan umur baterai menjadi pendek (mudah rusak). Untuk mempertahankan umur baterai smartphone kalian harus mengetahui cara – cara berikut ini.

Pertama, Hindari Mode Getar. Hal pertama yang perlu kalian ketahui adalah Mode Getar, ada beberapa orang yang lebih suka mengaktifkan mode getar untuk pemberitahuan (notifikasi) tanpa berisik. Namun, hal tersebut ternyata membutuhkan daya yang cukup besar. Untuk menggetarkan Mode Vibrator baterai harus bekerja lebih banyak. Jadi, jika kalian ingin menjaga daya baterai smartphone agar tidak mudah rusak, sebaiknya gunakan Mode Silent saat meeting atau saat sedang tidak ingin diganggu, karena hal tersebut lebih baik daripada harus menggaktifkan Mode Getar.

Kedua, Jangan Sampai Smartphone Overheat. Tahukah kamu jika smartphone digunakan secara terus menerus dan secara bersamaan maka smartphone bisa terjadi Overheat. Sebaiknya gunakan smartphone dengan bijak, misalnya menggunakan kamera hanya saat perlu saja, mematikan aplikasi dari background, dan lain sebagainya.

Ketiga, Hindari Permukaan Panas. Panas dari sinar matahari secara langsung akan membuat permukaan smartphone menimbulkan panas dan dapat mengakibatkan smartphone overheat. Jika panas dari luar bertemu dengan panas permukaan maka baterai akan beresiko lebih cepat kembung atau mudah drain.

Keempat, Hindari Charger Smartphone Semalaman. Cara mudah agar baterai smartphone tahan lama selanjutnya ialah hindari charger smartphone semalaman. Smartphone saat ini sudah banyak dibekali dengan fitur Auto – Cut – Off saat baterai telah terisi penuh. Namun, tidak disarankan untuk mengisi ulang baterai semalaman. Karena akan memicu overheat pada permukaan smartphone dan membuat baterai smartphone mudah rusak. Jika kalian ingin baterai smartphone bisa digunakan dalam jangka waktu panjang, maka sebaiknya lakukan isi ulang baterai smartphone saat baterai tinggal 15% – 20%, kemudian mencabutnya saat sudah terisi sekitar 85% - 99%. Hal tersebut dilakukan guna untuk menjaga siklus baterai smartphone.

Kelima, Aktifkan Battery Saver. Sejak kehadiran Android Lollipop 5.0 smartphone sudah dibekali dengan fitur Battery Saver, dengan fitur tersebut smartphone akan otomatis mendeteksi saat baterai low-batt. Battery Saver akan otomatis mengurangi performa CPU-nya. Jika smartphone tetap dalam keadaan full performance saat smartphone mulai low-batt, hal tersebut akan memicu menurunnya kualitas dan umur smartphone.

Keenam, Hindari Aplikasi Yang Banyak Iklan. Aplikasi yang mengandung banyak iklan akan memperpendek umur baterai smartphone dan membuat performa smartphone menurun. Selain itu, aplikasi yang memiliki banyak iklan akan membuat baterai boros. Oleh karena itu, kalian harus menjauhi aplikasi yang banyak iklan untuk memperpanjang baterai smartphone.

Jadi bagi teman – teman yang belum mencoba cara mudah agar baterai smartphone tahan lama kalian bisa mencoba cara – cara tersebut dan semoga bermanfaat.

7 Desember 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat