Cara Mengetahui Layar Smartphone Bermasalah

Smartphone saat ini hadir dengan layar touchscreen, sehingga layar pada smartphone merupakan bagian paling penting pada smartphone. Apa yang kalian lakukan jika layar smartphone mengalami kerusakkan? Tentunya kalian langsung membawanya ke tempat servis smartphone dan harus mengeluarkan biaya servis yang mahal. Sebenarnya kalian bisa mengatasinya, berikut ini ada beberapa solusi dan cara mengetahui layar smartphone bermasalah.

Ghost Touching

Hal pertama yang bisa kalian ketahui adalah Ghost Touching yang merupakan kondisi dimana layar smartphone berjalan tanpa disentuh. Hal tersebut disebabkan karena kerusakan pada LCD atau arus listrik berlebihan yang berjalan di dalam panel layar smartphone. Hal pertama kerusakan pada layar tersebut akibat dari pengisian daya melalui charger yang rusak atau tegangan yang tinggi. Jadi, sebaiknya usahakan jangan sering menggunakan charger yang bukan bawaan smartphone. Jika kalian sering menggunakan charger yang bukan bawaan dari smartphone akan mengakibatkan layar smartphone rusak dan beresiko fatal sampai harus menggantinya.

Dead Pixel

Hal kedua adalah Dead Pixel yang merupakan layar dimana terdapat beberapa pixel yang mati. Jadi ada beberapa bagian dimana layar smartphone tidak menyala dengan normal seperti adanya bercak noda atau hitam sekali pun. Jika hal tersebut dibiarkan maka Dead Pixel akan menyebar ke bagian lain dan perlahan bisa merusak layar smartphone secara keseluruhan. Jika kalian melihat adanya tanda – tanda Dead Pixel di layar smartphone segera perbaiki dengan menggunakan aplikasi Pixel Fixer. Aplikasi Pixel Fixer bisa menjalankan spektrum cahaya dinamis supaya bisa merangsang layar smartphone merespon semua warna yang ditampilkan. Selain warna, reka cahaya ini juga bisa mengembalikan sensitivitas layar smartphone pada sentuhan.

Goresan Pada Layar Smartphone

Cara mengetahui layar smartphone bermasalah selanjutnya ialah adanya goresan (baret) pada layar smartphone merupakan masalah yang sering kali dialami pengguna. Sebenarnya kalian bisa mencegah terjadinya goresan dengan memasang layar smartphone dengan Screen Protector. Jika sudah terlanjur terjadinya goresan kalian bisa menghilangkan goresan tersebut menggunakan pasta gigi dengan cara menempelkannya pada layar yang terkena goresan. Caranya, oleskan pasta gigi pada layar yang tergores, diamkan sejenak selama beberapa menit, kemudian lap dengan kain Microfiber basah, dan lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali agar goresan hilang secara perlahan.

Flickering

Flickering adalah layar yang berbayang dan biasanya disebabkan oleh aplikasi. Cara memulihkannya sangat mudah, hapus saja aplikasi yang membuat layarmu bergoyang. Biasanya aplikasi yang membuat layar smartphone Flickering adalah aplikasi kamera dan gim yang membutuhkan fitur Auto Brightness.

Layar Smartphone Tidak Sensitif

Jika pada hal pertama Ghost Touching bisa membuat layar smartphone bergerak sendiri tanpa instruksi, kini sebaliknya pada masalah ini layar smartphone tidak sensitif. Pengguna akan mengalami kesulitan mengontrol layar smartphone karena Lagging. Biasanya hal tersebut terjadi akibat Overheat. Jadi, solusinya ialah matikan layar smartphone untuk beberapa saat, setelah smartphone sudah mendingin atau sudah adem kembali nyalakan kembali smartphone.

Jadi sekarang teman – teman sudah paham cara mengetahui layar smartphone bermasalah dan sudah bisa mengatasinya jika terjadi hal tersebut di kemudian hari, selamat mencoba.

18 November 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat