Cara Mengetahui Email Terbaca Atau Belum Terbaca Oleh Penerima

Sekarang ini dalam hal surat menyurat, para pengguna gadget lebih sering berkomunikasi, bertukar surat dan informasi menggunakan email, terutama komunikasi luar daerah atau luar kota, bahkan luar negeri, mereka semua bergantung pada email. Karena dengan menggunakan email, pengguna bisa saling bertukar dokumen penting, file, dan masih banyak lagi, biasanya hal – hal penting saja yang dikirimkan melalui email. Namun, terkadang ada beberapa orang tidak menerima email atau lupa membaca email, bahkan mereka tidak tahu email mana yang sudah dibaca dan mana email yang belum dibaca. Oleh karena itu, para penerima email harus memberikan pemberitahuan, para pemilik email harus mengetahui cara mengetahui email terbaca atau belum terbaca oleh penerima.

Jangan samakan email dengan layanan aplikasi berkirim pesan melalui ponsel seperti BBM, WhatsApp, Line, dan lain sebagainya. Layanan berkirim pesan tersebut menyediakan secara otomatis pemberitahuan (notifikasi). Berikut ini akan dijelaskan cara mengetahui email terbaca atau belum terbaca oleh penerima. Sebelumnya, pengguna harus menggunakan layanan email dari Google, yakni Gmail dan browser yang kalian gunakan cobalah menggunakan browser Chrome. Setelah sudah memenuhi syarat dan ketentuan tersebut, ikutilah langkah – langkah berikut ini:

Pertama, download aplikasi tambahan berupa Extensions yang bernama “MailTrack for Gmail” unduh dari layanan resmi Webstore Chrome. Layanan MailTrack menyediakan fitur pemberitahuan email yang telah terbaca atau belum terbaca oleh si penerima. Selain itu, layanan MailTrack juga menyediakan layanan yang dapat memisahkan (filter) email yang sudah dibaca dan yang belum dibaca oleh si penerima.

Kedua, setelah melakukan pemasangan Extensions MailTrack for Gmail pada browser Chrome, maka kalian perlu melakukan beberapa penyesuaian pengaturan, diantaranya seperti mengijinkan aplikasi tersebut untuk dijalankan pada layanan akun Gmail, memilih jenis layanan aplikasi gratis atau berbayar, penyesuaian layanan MailTrack dengan menggunakan Sign In ulang pada akun Gmail.

Ketiga, setelah melakukan langkah – langkah tersebut, maka kalian akan mendapatkan email konfirmasi dari pihak MailTrack bahwa kalian telah bisa menikmati layanan untuk mengetahui apakah email yang dikirimkan telah dibaca atau belum dibaca oleh si penerima. Namun, jika pengguna tidak ingin menggunakan layanan MailTrack pengguna tinggal menghapus (Remove) aplikasi dari daftar Extensions Chrome dan melakukan Revoke Acces pada layanan keamanan Google.

Sangat mudah untuk melakukan cara mengetahui email terbaca atau belum terbaca oleh penerima, cara tersebut bisa kalian terapkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

8 Oktober 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat