Cara Mengatasi Handphone Terkena Air

09/02/2016    Alfiana Irsyada Salma    5344    Artikel Bebas

Handphone menjadi kebutuhan sehari-hari, apapun aktivitas yang sedang kita kerjakan tak dapat menjauh dari handphone. Sangat menyebalkan bila handphone yang sedang ada dalam genggaman jatuh ke dalam genangan air, karena handphone kita tidak tahan air.

Seperti yang kita ketahui bahwa handphone dan air tidaklah cocok bila disatukan karena air memiliki sifat menghantarkan listrik. Oleh karena itu, jika handphone terkena air atau terendam air maka komponen elektronik yang ada di dalam handphone akan mengeluarkan arus pendek yang dapat merusak handphone.

Jika terjadi pada kalian, handphone yang sedang dalam genggaman terjatuh ke dalam air maka janganlah panic, kalian bisa menanganinya dengan mudah. Berikut ini ada beberapa cara mudah mengatasi handphone terkena air.

Pertama, jangan hidupkan handphone.

Saat handphone terjatuh ke dalam air, jangan langsung menghidupan handphone, jangan sesekali menghidupkan handphone dalam keadaan basah karena akan menimbulkan arus pendek dan dapat merusak komponen yang ada di dalam handphone.

Kedua, cabut baterai, SIM Card, dan memory card.

Ketika handphone sudah terjatuh ke dalam air, sebaiknya segera cabut baterai, sim card, serta memory card atau cabut semua bagian handphone yang dapat dilepas. Jika handphone terendam kopi, teh, susu, atau air laut maka sebaiknya rendam terlebih dahulu ke dalam air atau cairan alkohol guna untuk mencegah terjadinya karat pada komponen handphone.

Ketiga, keringkan handphone.

Keringkan semua bagian handphone dengan mesin kompressor udara atau penghisap udara, tapi jangan gunakan hair dryer karena udara panas yang dihasilkan dapat merusak komponen di dalam handphone.

Keempat, letakkan handphone di dalam beras.

Kalian pasti sudah tahu cara yang satu ini, cara mengatasi handphone terkena air bisa dengan merendam handphone di dalam tumpukkan beras. Caranya, ambil satu kantong plastic beras lalu letakkan handphone, baterai, memory card, atau komponen lain yang bisa dilepaskan, letakkan semuanya ke dalam beras sehingga butiran air yang masih tersisa dalam handphone diserap ke butiran-butiran beras. Diamkan selama 1-2 handphone di dalam beras.

Kelima, hidupkan handphone.

Setelah di letakkan ke dalam beras selama 1-2 hari, kalian bisa memasang kembali semua bagian handphone, kemudian charger handphone dalam keadaan off. Setelah baterai full hidupkan kembali handphone.

Cara mengatasi handphone terkena air ini sudah diuji coba oleh beberapa orang dan hasilnya dapat kembali menyala setelah terkena air. Namun, ada beberapa teman yang uji coba menggunakan handphone merek iPhone tidak berhasil nyala kembali. Jadi, semuanya tergantung kepada kondisi handphone, durasi terkena air, dan pastinya tergantung pada keberuntungan (hehehe). Selamat mencoba

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow