Cara Mengatasi Error PHP

Banyak yang bertanya kepada saya, bagaimana sich cara cepat mendapatkan/menemukan error dalam menuliskan alur program. Menurut saya itu cukup mudah, hanya tergantung kemampuan kita  dari jam terbang/skill programming yang kita punya. Namun bagaimana untuk yang pemula? Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara cepat mengatasi error PHP yang sering kita jumpai.

Saya menarik kesimpulan bahwa ada 2 jenis kesalahan dalam membuat program.

Yang pertama adalah kesalahan mengetikan kode program baik PHP atapun SQL, misalnya: koma, titik, kurung, kurawal, simbol dan lain-lain. Kesalahan seperti ini sangat gampang kita temukan karena text editor dan browser akan memberi tahu dimana letak kesalahannya.

Yang kedua adalah kesalahan membuat alur program sehingga program tidak berjalan seperti yang diharapkan, kesalah ini terjadi karena: salah menuliskan variable, lupa memberikan attribute pada form, kesalahan function, salah logika dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Sekarang mari kita saksikan contoh kasus sederhana.

Kesalahan perintah SQL

Terkadang kita sering mengalami kesalahan ini. Menulis perintah SQL untuk CRUD. Agar kita mudah lebih mudah mengatasinya, yang perlu dilakukan adalah memberikan peintah [ or die(mysql_error/mysqli_error()) ] di semua perintah SQL.

Tambahkan perintah or die(mysql_error())

Contoh kesalahan perintah SQL

Jalankan perintah SQL di halaman yang error ke phpMyadmin

Jika perintah SQL salah maka akan ada alert berwarna merah

Lupa kurung kurawal

Banyaknya simbol/kode dalam bahasa PHP, membuat adanya kemungkinan kita salah atau lupa. Biasanya browser dan text editor sendiri akan memberi warning jika ada kesalahan penulisan selama error_reporting() diaktifkan. Namun saya juga sering mendapatkan error yang tidak sesuai dengan baris sebenarnya. Itu terjadi karena kita lupa memberikan kurung tutup pada saat mendeklarasikan kondisi IF..ELSE atau looping FOR, WHILE dll...

Browser tidak memberikan warning error (bank)

Warning error dalam text editor juga tidak sesuai

Periksalah semua kurung kurwal '{}' apakah semuanya memiliki pasangan

Lupa memberikan fungsi encrypt password

PHP memiliki banyak fungsi, seperti fungsi string, array, mysql dll. Kita tidak perlu mengetahui semuanya cukup yang sering dipakai saja. Dalam membuat perintah program baik itu untuk login, CRUD, upload, pasti kita membutuhkan beberapa fungsi. Kalau salah satu saja lupa kita pakai, maka akan menyebabkan program kita tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Copas perintah SQL dan cetak menggunakan echo dalam halaman login yang error

Copy perintah SQL yang tercetak dan jalankan di phpMyAdmin

MySQL returned an empty result, artinya kita tidak mendapatkan row dari table user

Berikan fungsi MD5 pada password

Copy lagi perintah SQL dan jalankan lagi pada phpMyadmin, kalau sudah benar maka akan mendapatkan 1 row dari table user.

20 Mei 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat