Cara Mengamankan Ponsel Android

01/10/2015    Alfiana Irsyada Salma    1779     Artikel Bebas

Saat ini smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang tidak bisa dilepaskan. Smartphone memiliki banyak fungsi mulai dari menerima panggilan, bermain sosial media, bahkan bekerja membutuhkan smartphone. Pengguna smartphone semakin hari semakin meningkat, selain itu pengguna smartphone juga dapat memiliki resiko hilangnya data-data penting atau di dalam sistem Android-nya terkena virus dan lain sebagainya.

Untuk mengamankan ponsel Android sebaiknya kita harus melakukan hal-hal berikut ini :

1.       Gunakan Fitur Lock Screen

Cara dasar untuk mengamankan ponsel Android adalah dengan menggunakan fitur Lock Screen. Fitur tersebut ada disetiap smartphone bawaan langsung oleh ponsel Android.

2.       Gunakan Fitur Smart Lock

Mengamankan ponsel Android bisa juga dengan menggunakan fitur Smart Lock. Fitur baru yang dikeluarkan oleh Google ini hanya tersedia pada ponsel Android versi 5.0 ke atas. Di dalam Smart Lock terdapat beberapa pilihan keamanan, mulai dari Trusted Devices, Trusted Places, Trusted Face, Trusted Face, Trusted Voice, dan On-Body Detection. Banyak pilihannya sehingga dapat terjaga keamanannya.

3.       Android Device Manager

Fitur yang satu ini berfungsi untuk menemukan atau melacak ponsel Android yang hilang. Untuk menggunakannya, kita harus mengaktifkan fitur ini pada pengaturan ponsel. Jika belum terdaftar pada ponsel, kita bisa mengunduhnya di Play Store. Fitur ini bekerja menggunakan GPS dan koneksi data. Fitur ini tidak hanya bisa menemukan ponsel yang hilang, atau menemukan lokasi ponsel saja, melainkan bisa mengunci dan menghapus data ponsel secara remote.

4.       Enkripsi Ponsel

Mengamankan ponsel Android bisa juga dengan mengenkripsi ponsel, fitur ini menjadi pilihan yang tepat. Ketika fitur enkripsi diaktifkan, maka ponsel Android akan langsung terenkripsi. Data-data di dalam ponsel tidak akan diakses orang lain dan untuk mematikan fitur enkripsi bisa dengan melakukan Factory Reset atau melakukan reset ke pabrik asalanya atau kembali ke pengaturan awal.

5.       Gunakan Antivirus

Memasang antivirus berguna untuk mencegah atau mengantisipasi datangnya malware atau program-program jahat lainnya yang bisa merusak ponsel Android. Aplikasi antivirus banyak kita temui di Google Play Store, kalian bisa memilik antivirus yang baik.

6.       Update Software

Mengamankan ponsel Android bisa dengan meng-update ponsel Android yang kamu miliki, baik meng-update sistem operasi maupun aplikasi di dalamnya. Pihak pengembang selalu memperbaharui dan melakukan perbaikan pada software yang mereka miliki, guna untuk mencegah terjadinya bug ataupun serangan malware yang dapat merusak ponsel Android.

7.       Instal Aplikasi Dari Sumber Terpercaya

Untuk mengamankan ponsel Android sebaiknya kamu jangan pernah melakukan download melalui aplikasi pihak ketiga, karena aplikasi pihak ketiga bisa disusupi malware. Kamu bisa menggunakan aplikasi resmi yang ada di Google Play Store.

8.       Backup Data

Untuk mengantisipasi data hilang, kamu bisa melakukan backup data. Untuk mem-backup data kamu bisa menggunakan layanan Cloud seperti Google Drive atau Dropbox.

9.       Menggunakan Aplikasi Vault

Aplikasi yang satu ini berguna untuk melindungi data pada Password, dengan penggunaan enkripsi dan algoritma yang cukup baik, keamanan untuk menyimpan data-data penting lainnya bisa dipastikan akan sangat aman.

Sangat mudah melakukan keamanan untuk ponsel Android agar terjaga data-data penting yang kita miliki. Selamat mencoba.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More