Cara Menambahkan RAM Pada Smartphone Android

Sekarang ini, begitu banyak pengguna smartphone baik yang muda, dewasa, bahkan anak-anak sudah menggenggam smartphone terutama smartphone Android yang kini menjadi pilihan banyak orang. Namun, dari kalian pasti pernah mengalami suatu masalah pada smartphone, misalnya ketika menjalankan beberapa aplikasi di smartphone terasa sangat berat (lambat). Smartphone Android memiliki RAM, prosesor, dan media penyimpanan, sama hal nya dengan RAM pada komputer. Saat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan maka RAM akan menyimpan begitu banyak informasi. Bila RAM penuh maka kinerja akan menjadi lambat atau bahkan terhenti tak bisa berjalan sama sekali.

Jika perangkat Android beroperasi lambat, kamu dapat melakukan beberapa cara yang mudah untuk mengatasi masalah tersebut. Misalnya dengan menghapus aplikasi yang tidak lagi digunakan, mengurangi file-file yang tersimpan di perangkat Android, serta mengurangi widget dan live wallpaper di Homescreen yang menguras kapasitas RAM Android.

Namun, terkadang cara tersebut masih saja tidak berhasil dilakukan. Cara yang kalian harus lakukan ialah meningkatkan kembali kinerja smartphone dengan cara menambahkan RAM pada smartphone Android.

- Melakukan Konfigurasi Pada Aplikasi Swapper

Tahapan awal untuk menginstal aplikasi Swapper. Sebelumnya kalian harus mengetahui fungsinya ialah untuk menambahkan virtual memory, memory inilah yang akan membantu kinerja RAM. Sebaiknya, memori yang digunakan memiliki kemampuan Read atau Write yang tinggi.

Bisa kalian download aplikasi Swapper di perangkat android. Jika aplikasi sudah terinstal, jalankan aplikasi tersebut. Kemudian lakukan konfigurasi dengan mengikuti panduan singkat berikut ini:

  • Aktifkan opsi Active Swap on Boot
  • Pada bagian Swap File Position, pilih opsi SD Card F A T Partition
  • Pada bagian Swap File Size, masukkan nilai yang akan dipakai untuk virtual memori, misalnya 1000MB
  • Kemudian simpan pengaturan

- Melakukan Konfigurasi Pada Aplikasi SD Booster

Tahap kedua, perlu kalian ketahui aplikasi SD Booster adalah sebuah aplikasi yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kecepatan SD Card untuk membaca dan menuliskan data. Aplikasi SD Booster mendukung hampir semua jenis SD Card, berjalan otomatis saat booting dan meningkatkan internal card dan eksternal card.

Jika menggunakan aplikasi SD Booster kalian dapat menjalankan aplikasi, memainkan game, menata file bisa dilakukan dengan lebih cepat. Kalian bisa mendownload aplikasi SD Booster dan melakukan konfigurasi berikut ini:

  • Isi nilai di kolom Cache Size misalnya 2048. Nilai Cache yang direkomendasikan adalah 1024 atau 2048. Sedangkan nilai yang ditunjukkan di kolom Cache Size (Current) menunjukkan nilai Cache yang digunakan saat ini.
  • Jika sudah aktifkan dengan cara, pilih Set On Boot yang memiliki fungsi nilai Cache tidak secara otomatis kembali ke awal setiap kali perangkat mengalami restart.

- Menambahkan File Juwe RAM Script

Tahap ketiga, menambahkan File Juwe RAM Script. File tersebut berfungsi untuk mengatur RAM, tetapi sebagian pengguna merasa kesulitan saat hendak memasukkan File Juwe RAM Script. Bila kalian termasuk pengguna tersebut, masih ada satu alternative lain yang bisa digunakan. Caranya, download aplikasi RAM Manager Pro. Aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi Juwe RAM Script. Hanya saja aplikasi RAM Manager Pro memiliki user interface dan pengaturan-pengaturan yang lebih lengkap.

Jika kalian memilih untuk menggunakan file Juwe RAM Script, ikutilah langkah berikut ini:

  • Pertama, download file Juwe RAM Script
  • Kemudian, ekstrak file tersebut
  • Setelah itu, pindahkan file ke dalam direktori unit D di folder System/etc
  • Lalu, ubah setting permission menjadi rwxr-xr-x
  • Kemudian, lakukanlah restart pada perangkat
  • Setelah itu, perangkat akan bisa berjalan dengan lebih cepat. Kalian bisa mengetesnya dengan mencoba memainkan game-game berat seperti game-game HD.

Cara menambahkan RAM pada smartphone Android mudah untuk kalian ikuti agar dapat meningkatkan kinerja smartphone Android. Pastikan kalian memilih aplikasi yang aman dan menginstal aplikasi yang memang kalian butuhkan, bukan aplikasi yang tidak resmi yang kalian install karena akan memberatkan smartphone kalian. Selamat mencoba

28 November 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat