Cara Menambahkan Attribute HTML DOM Javascript

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah bahas cara mengubah attribute-atribute HTMLnya melalui DOM javascript. Tentu teman teman pasti berpikir kenapa mengubah attributenya dengan javascript kenapa tidak di HTMLnya langsung. Nah memang gunanya bukan mengubahnya langsung tapi kita akan pelan pelan belajar yang namanya event jadi ketika user melakukan hal tertentu misalnya user mengklik sesuatu maka gambarnya akan membesar jadi hal hal seperti itu akan membuat website kita jauh lebih menarik dan interaktif. Untuk artikel kali ini kita akan membahas cara lain untuk menambahkan attributenya yang belum ada dengan metode setAttribute.

metode tersebut mempunya dua parameter yang wajib di isi pertama attribute apa yang akan ditambahkan dan yang kedua nilainya. Saya akan berikan contohnya misalnya saya punya tiga tag <div>

selanjutnya kita akan pilih elemennya berdasarkan tagname nya

dimana kita akan berikan sebuah attribute class dengan nama classnya primary

jika kita reload tidak akan terjadi apa apa. Tapi ketika kita inspect element pada browser maka tag <div> akan mempunyai attribute class dengan nama primary.

dan jika teman teman punya CSS yang mengatur class primary yang kita berikan background

maka kotak boxnya yang kedua mempunyai warna biru disana

Jadi meskipun kita tidak punya class pada elemennya tapi kita bisa menambahkannya pada bagian Javacscriptnya dan teman teman lihat kita bisa menggabungin HTML dengan CSS dengan melalui javascript. Itu dia semoga teman teman tertarik sampai jumpa pada bagian berikutnya.

25 Juli 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat