Cara Memilih Hosting Berkualitas Dan Terbaik

Setelah memiliki domain yang benar dan tepat, sekarang kita akan membahas bagaimana cara memilih hosting berkualitas dan terbaik. Sekarang ini, sudah banyak web hosting yang memperkenalkan diri bahwa mereka patut dipilih karena terbaik, memberikan jaminan kualitas yang bagus. Namun, apakah semuanya itu benar terjamin kualitasnya?

Iklan hanya menampilkan janji dan kadang tidak sesuai dengan harapan dan kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu, pandailah memilih hosting yang berkualitas baik. Berikut ini ada beberapa cara memilih hosting berkualitas dan terbaik.

Pertama, lokasi server.

Cara pertama ialah tentukan dimana audience (pembaca) berada, jika situs yang kalian buat berbahasa Indonesia, sebaiknya lokasi server diletakkan di Indonesia, sementara itu jika situs kalian berbahasa inggris maka sebaiknya letakkan di USA. Hal tersebut sangat penting kita perhatikan karena website yang hosting-nya berlokasi di server luar negeri kecepatannya saat di akses dari Indonesia akan mencapai 30% - 50% lebih lambat dibandingkan lokasi server Indonesia. Hal tersebut berlaku juga sebaliknya, jika website di hosting di Indonesia akan sangat lambat bila di akses dari luar negeri sekitar 60% - 70% lebih lambat. Jadi, tentukan lokasi server yang benar.

Kedua, perusahaan web hosting Lokal vs Internasional.

Jika sudah memilih lokasi server maka bisa memilih lokasi hosting lokal, kalian harus memilih perusahaan hosting lokal. Namun, jika ingin memilih lokasi server luar negeri maka sebaiknya memilih perusahaan hosting USA (Internasional). Hal tersebut dikarenakan perusahaan web hosting USA memberikan fitur yang lebih baik dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan perusahaan web hosting lokal.

Namun, kalian mendapatkan kerugian, kerugiannya ialah bila memilih perusahaan hosting internasional akan mengalami kendala bahasa, saat mengalami masalah dan metode pembayaran yang diharuskan menggunakan kartu kredit atau PayPal. Jadi, pilihlah perusahaan web hosting yang tidak menyulitkan kalian nantinya.

Ketiga, spesifikasi server.

Situs web hosting akan memberikan detail spesifikasi server yang digunakan, jadi periksa dan cermati server yang mereka gunakan. Jangan sampai server yang mereka gunakan sudah ketinggalan jaman, carilah yang selalu ter-update.

Keempat, PHP Memory dan Upload Max.

Informasi mengenai PHP Memory dan Upload Max merupakan hal yang paling penting, jarang diinfokan oleh perusahaan web hosting. Padahal, kedua informasi tersebut sangatlah penting untuk diketahui agar website yang kalian buat dapat berjalan sempurna. Idealnya, kalian membutuhkan minimal 40 MB PHP Memory dan 2 MB Upload Max bila ingin menjalankan website ber-platform WordPress dengan beberapa plugin ter-install. Pilihlah yang sudah memiliki versi PHP5 dan MySQL5.

Kelima, pilihan paket yang disediakan.

Pilihan paket web hosting ditawarkan berbagai macam, mulai dari spesifikasi server, besaran bandwidth, disk space usage, banyaknya account email, sub-domain, dan masih banyak lagi. Sebaiknya, pilih dahulu paket yang sesuai dnegan kebutuhan, dengan hardisk 250 MB dan bandwidth 20 GB per-bulan seharusnya sudah cukup jika website tergolong baru dirintis. Jadi pilihlah sesuai dengan kebutuhan terlebih dahulu.

Keenam, control panel.

Kalian harus menanyakan ke web hosting mengenai control panel yang mereka sediakan. Pilihlah yang memakai cpanel karena control panel yang paling mudah di setting, di operasikan, dan mudah migrasi bila nantinya kalian memutuskan untuk berganti ke perusahaan web hosting lain.

Beberapa web hosting terutama web hosting US berusaha menekan pengeluaran dengan memberikan control panel custom buatan sendiri yang sulit di operasikan bagi web master pemula, sebaiknya hindari menggunakan web hosting yang semacam itu.

Ketujuh, umur dan kredibilitas perusahaan web hosting.

Umur sebuah perusahaan memang bukan menjadi suatu patokan bahwa perusahaan web hosting lebih baik dibandingkan yang baru berdiri, tetapi seharusnya kita tahu bahwa perusahaan tersebut tidak akan bangkrut atau tutup dengan membawa data dan file kalian.

Kedelapan, reseller web hosting.

Beberapa perusahaan web hosting tidak memiliki server sendiri, namun menyewa ke pihak lain yang lebih besar (broker) dan hal ini wajar dalam dunia bisnis tetapi sebaiknya dihindari untuk menjaga kita dari resiko di kemudian hari.

Tahapan diatas bisa kalian coba, jadi sekarang sudah mengetahui bagaimana cara memilih hosting berkualitas dan terbaik. Selamat mencoba

5 Februari 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat