Cara Membuat Subscript Dan Superscript Pada Paragraf

Subscript adalah tulisan yang sizenya agak kecil atau bisa di sebut juga dengan pemangkatan (pangkat) tetapi posisi pemangkatannya berada di bagian bawah, seperti contoh dibawah ini.

Sedangkan Superscript fungsinya sama dengan Subscript yang membedakannya adalah posisi pemangkatanya yang berada di bagian atas, seperti contoh di bawah ini.

Subscript dan Superscript tidak hanya bisa di buat di Ms Office Word, di CSS pun kita juga bisa membuatnya dengan mudah. Di sini saya akan membuatnya menggunakan fungsi Property CSS yaitu Position dengan value nya Relative. Baiklah kita akan coba langsung membuatnya ya teman-teman.

Pertama teman-teman bisa buat Kode HTML nya seperti gambar di bawah ini.

Pada HTML di atas, saya membungkus tulisan yang ingin saya beri style Subscript dan Superscript menggunakan Tag span dan saya tambahkan atribut class dengan nama subscript, sedangkan untuk Superscript saya bungkus juga dengan Tag span kemudian saya beri nama superscript.

Untuk CSS nya seperti gambar di bawah ini.

Pada CSS di atas, besar font dari Subscript dan Superscript saya atur dengan nilai 14px, kemudian saya tambahkan property position: relative,  dan saya tentukan top dan bottom nya dengan nilai sebesar 5px. Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Mudah bukan teman-teman, sampai sini dulu tutorial dari saya sampai ketemu di tutorial berikutnya terima kasih.

29 Januari 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat