Cara Membuat Halftone pada Photoshop

Halftone merupakan teknik reprografi tang membuat titik titik yang berkelanjutan yang bervariasi ukurannya maupun jaraknya. Halftone biasanya ditemukan pada desain desain yang bertemakan Retro.

 

Pada tutorial kali ini kita akan mengetahui bagaimana Cara membuat Halftone pada Photoshop yang dimana hasil akhirnya akan seperti berikut :

Tidak ada bahan ataupun materi yang harus kalian download, cukup menggunakan yang sudah default pada photoshop.

 

Berikut ini adalah langkah langkah Cara Membuat Halftone pada Photoshop:

Pertama-tama buatalah terlebih dahulu file baru pada Photoshop dengan cara memilih File > New ataupun shortcut Ctrl + N. untuk menjadikan menambah menarik kalian bisa ubah warna dari layer backgroundnya dengan sesuai keinginan anda contoh seperti berikut :

Selanjutnya buat Lingkaran dengan ukuran yang kamu dengan Ellipse Tool dan tipenya Pixel berwana hitam (#000000), jangan lupa buat layer seperti berikut:

Kemudian beri efek blur pada layer Ellipse tersebut dengan cara klik menu Filter > Blur > Gaussian Blur dan beri pengaturannya sekitar 30px atau disesuai dengan ukuran desain kalian.

Langkah selanjutnya adalah seleksi dari lingkaran tersebut dengan cara Ctrl + Klik pada layernya dan langsung pilih Inverse Selection dengan cara tekan Ctrl + Shift + i. seteleah sudah diinverse perhatikan gambar berikut:

Setalah di Inverse maka yang terseleksi adalah area diluar object ellipse tersebut. Jika sudah sampai tahap ini selanjutnya kita buat layer baru terlebih dahulu dan tekan Q (quick mask mode). Setelah itu kita akan ubah dari lingkaran tersebut menjadi halftone dengan cara pilih Filter > Pixelate > Color Halftone. Maka akan munculu pop-up seperti berikut:

Jika sudah maka sampai disini sudah menjadi halftone tapi masi dalam keadaan quick mask mode, makanya tekan tombol Q lagi untuk mengubah menjadi preview mode standar lagi. Maka seleksian kita akan menjadi halftone dan kita inverse sekali lagi dan langsung beri warna pada seleksi tersebut, ingat beri warnanya di layer yang kosong dengan cara tekan Shift + f5. Maka hasil akhirnya akan seperti berikut :

gimana mudah bukan? semoga dengan mengetahui cara membuat halftone pada photoshop ini dapat menambah daftar-daftar desain yang baru bagi kalian. tetap nantikan tutorial-tutorial selanjutnya, semoga bermanfaat dan terimakasih

1 Juni 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat