Cara Melakukan Proses Pisah Warna dengan Adobe Illustrator Part 1

21/12/2015    Bartholo Bush Sawa    5361     Desain

Okey teman-teman dalam artikel kali ini, saya akan share sebuah tutorial bagaimana cara proses pisah warna menggunakan adobe Illustrator. Proses pisah warna ini kita lakukan untuk membuat film yang kita perlukan untuk proses cetak atau sablon. Nah, nantiny artikel ini, supaya tidak terlalu panjang, akan sata bagi menjadi 2 part. Yaitu Part 1 adalah mempersiapkan logo dan juga kita memberi tanda pada bagian pinggir logo, dan part 2 kita akan mengcopy dan memindahkan warna-warna yang berbeda menjadi masing-masing lembar. Silahkan disimak teman-teman...
 

Langkah 1 - Persiapan dan analisa.
Kita harus mempersiapkan gambar yang ingin kita cetak. misalnya saya mempunyai logo. kita tahu logo tersebut terdiri dari beberapa warna. Ada warna hitam, merah, dan juga kuning.

Langkah 2 - Memotong logo menjadi perbagian
Nah, dalam langkah yang ke-2 ini, kita harus memastikan bahwa logo tersebut harus terpisah antara warna satu dan lainnya, agar nantinya bisa kita pisahkan menjadi warna masing-masing. Misalnya saya memisahkannya dengan menggunakan Pathfinder - Divide agar nantinya kita bisa mengambil bagian-bagian tertentu saja, dan kita pisahkan menjadi lembar yang berbeda. Seleksi pada seluruh bagian objek kemudian pilih Pathfinder-Divide.


Langkah 3 - Memberikan tanda
Pemberian tanda ini penting gunanya untuk menyamakan timpaan antara satu bagian dan bagian lain yang berbeda warna pada saat proses cetakan. Tanda ini bisa berupa gabungan antara Plus dan lingkaran. Agar lebih akurat, kita bikin pada 4 sisi.

 

Untuk Langkah berikutnya, silahkan langsung teman-teman lanjutkan ke Part 2.

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More