Cara Hindari Pembajakan Pada Akun BBM

BlackBerry Messenger [BBM] merupakan salah satu layanan pesan instan yang banyak digunakan orang untuk berkomunikasi. Saat ini, bagi kalian para pengguna BBM haruslah lebih waspada. Karena, akhir-akhir ini banyak peristiwa “Pembajakan atau Peretasan” pada akun BBM yang berujung pada modus penipuan. Ketahuilah cara hindari pembajakan pada akun BBM.

Menurut hasil data dari Lembaga Riset Keamanan Cyber Communication and Information System Security Research Center [CISSReC], sudah banyak yang menjadi korban terkena dampak kejahatan pembajakan melalui BBM, korban kehilangan akun BBM-nya atau tertipu oleh pelaku kejahatan.

Salah satu modus peretasan akun BBM adalah melalui pesan Broadcast yang berisi link Video. Korban yang membuka tautan video tersebut akan diminta untuk memasukkan BlackBerry Identity [BB ID] beserta kata kuncinya [Password].

Pratama Persadha selaku ketua CISSReC mengatakan bahwa ada modus lain yang juga digunakan oleh pelaku, yakni Phishing yang mengincar email korban. Jika pelaku sudah mengetahui password email korban, maka pelaku akan mengganti password email dan akun BBM sehingga korban tidak bisa membukanya. Setelah pelaku mengambil alih akun BBM korban, maka pelaku bisa dengan mudah melakukan aksi kejahatan.

Modus kejahatan seperti ini, pada umumnya adalah pelaku menyebarkan pesan yang berisi permintaan sejumlah pulsa ataupun uang kepada orang-orang yang ada di daftar kontak BBM korban. Pesan yang dikirimkan pun bersifat memaksa dan memohon, seolah-olah korban sedang dalam kondisi sangat sulit dan membutuhkan bantuan, sehingga banyak orang yang pada akhirnya membantu dan terjebak pada modus tersebut.

Pratama menegaskan “Ada ribuan situs phishing yang mengancam pengguna internet. Sebenarnya, hal tersebut bisa dicegah apabila pengguna terus waspada akan modus kejahatan. Pengguna harus pastikan url atau alamat situs yang akan dibuka. Selain itu, jangan sembarangan membuka tautan yang pada akhirnya mewajibkan pengguna untuk memasukkan email dan password, karena hal tersebut sangat berbahaya”. Jika sewaktu-waktu kalian menerima pesan BBM atau pesan dengan modus seperti itu, sebaiknya berhati-hati dan jangan mudah percaya, karena belum tentu benar pesan tersebut dikirimkan oleh kerabat kita.

Kalian harus memastikan kembali kepada kerabat yang bersangkutan, apakah benar sedang membutuhkan bantuan atau kalian bisa hubungi nomor kerabat kalian yang bersangkutan untuk memastikan kejelasannya.

Kejahatan Phishing tidak hanya mengincar akun BBM saja, bisa juga akun lainnya di media sosial seperti Facebook, Twitter, bahkan Internet Banking. Salah satu pencegahannya ialah dengan mengganti Password setiap akun, minimal setiap 3 bulan sekali. Hal tersebut bisa dilakukan guna untuk menghindari pembajakan pada akun BBM dan akun lainnya. Selamat mencoba dan berhati-hatilah.

23 Oktober 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat