Cara Hindari Junkware Aplikasi Tidak Penting Pada Komputer

Junkware atau biasa dikenal dengan aplikasi sampah atau aplikasi yang tidak penting yang terdapat di komputer. Sekarang ini banyak pengguna komputer terganggu akan kehadiran aplikasi yang tiba – tiba muncul di komputer, aplikasi yang tidak diinginkan muncul bersamaan dengan aplikasi utama. Untuk menghindarinya kalian perlu mengetahui cara hindari Junkware aplikasi tidak penting pada komputer.

Keberadaan Junkware dapat membuat komputer menjadi lambat, dapat menguras Hardisk secara perlahan, dan dapat mendatangkan berbagai macam ancaman keamanan. Oleh karena itu, kalian harus berhati – hati dan terapi cara – cara berikut ini:

Hati – Hati

Hal ini memang sangat sederhana, namun tidak semua kehati – hatian dapat dengan mudah dilakukan, hati – hati merupakan hal utama yang harus kalian terapkan khususnya para pengguna komputer. Karena, sudah banyak pengguna komputer yang ceroboh akibat tidak hati – hati, terkadang kita tidak memperhatikan apa yang kita install dan dengan mudah asal klik sehingga berakibat masalah di kemudian hari. Salah satu alasan datangnya Junkware adalah paket instalasi sebuah program yang di dalamnya juga di bundle dengan aplikasi – aplikasi promosi yang tidak penting. Jika kalian ceroboh, maka aplikasi tersebut akan ikut ter-install. Oleh karena itu, kalian harus lebih hati – hati dengan berbagai macam aplikasi asing yang tidak kalian ketahui.

Unchecky

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang dapat membantu kalian dalam melawan Junkware. Unchecky memiliki fungsi untuk mematikan semua ceklis secara otomatis yang berada di paket instalasi sebuah program yang terdeteksi mengikut sertakan Junkware di dalamnya. Kalian bisa unduh Unchecky dan ikuti petunjuknya.

AdwCleaner

Aplikasi AdwCleaner berbeda halnya dengan aplikasi Unchecky yang melakukan langkah Preventif saat kamu memulai suatu proses instalasi program, aplikasi AdwCleaner lebih berfungsi sebagai pendeteksi dan penghilang dari Junkware yang telah lebih dahulu terinstall di komputer. Sifat dari AdwCleaner lebih mirip dengan antivirus dari anti malware, sehingga membuat AdwCleaner menjadi salah satu aplikasi yang patut dimiliki oleh setiap pengguna komputer.

Antivirus

Hal ini sudah tidak asing lagi dan sering kalian gunakan, yaitu Antivirus. Dengan mengandalkan antivirus kalian dapat mengantisipasi. Meskipun antivirus tidak dirancang untuk menangani Junkware maupun adware, namun antivirus dapat mencegah. Fitur heuristic yang dimiliki antivirus semakin baik dan program – program yang bersifat mengancam tentu akan dengan mudah terjaring menggunakan real – time protection. Namun, masalahnya adalah tidak semua Junkware yang bersifat mengancam keamanan komputer, jadi tidak semua akan tertangkap antivirus.

Untuk kalian para pengguna komputer harus pahami cara hindari Junkware aplikasi tidak penting pada komputer, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

1 November 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat