Cara Aman Menghindari Hacker Pengganggu

23/12/2015    Alfiana Irsyada Salma    1718     Artikel Bebas

Keamanan sangat penting dan diperlukan dalam berbagai hal. Keamanan merupakan hal penting yang sering dikhawatirkan para pengguna internet dan sistem elektronik. Banyak orang yang begitu pusing memikirkan password dan enkripsi untuk menjaga keamanan mereka dari peretas atau hacker. Sebenarnya, kita bisa melakukan cara aman menghindari hacker pengganggu.

Terdapat beberapa cara aman menghindari hacker pengganggu, kalian bisa melakukannya dengan mudah.

Percaya Tapi Verifikasi (Melakukan Pemeriksaan)

Percaya merupakan suatu hal terpenting dalam berbagai aspek kehidupan. Mempercayai orang lain sangatlah penting terutama dalam sebuah hubungan. Namun, jika orang tersebut baru kita kenal dan masih asing bagi kita, sebaiknya kalian harus melakukan pemeriksaan (Verifikasi) atau harus hati-hati.

Jika terdapat sebuah tautan atau formulir yang disuguhkan kepada kalian dari orang yang belum kalian kenal, yakinkan kembali sekali lagi, tanyakan tentang apa yang ditanyakan dalam tautan atau formulir tersebut, terutama jika formulir itu dikirim oleh pihak ketiga. Karena, biasanya orang yang baru dikenal bisa menjadi celah hacker untuk membobol atau menerobos sistem keamanan yang kalian miliki.

Baca Tautan Web Dari Belakang

Biasanya hacker melakukan phising atau mencuri informasi pribadi, seperti password atau nomor rekening dengan cara mengirim tautan yang tersambung ke website dan website tersebut sudah di desain untuk tampil seperti website yang terkenal dan dipercayai. Nah, untuk menghindari phising, kalian bisa membaca tautan web dari belakang.

Perlu kalian ketahui bahwa membaca alamat web ialah dari kanan ke kiri, sehingga bila kalian memiliki akun Google, kalian akan memiliki URL seperti https://myaccount.google.com . google merupakan Domain tingkat kedua sedangkan myaccount (Nama pemilik akun) adalah Subdomain yang dijalankan Google. Pelaku phising sebaliknya membuat akun yang terbalik, karena kebanyakan orang di dunia membaca alamat web dari kiri ke kanan. Pelaku phising bisa membuat website palsu dengan URL, seperti http://google.myaccount.com . Bagaimana sudah tahu kan letak perbedaannya.

Jangan Tergesa-gesa

Pernahkah kalian mendapatkan sebuah pemberitahuan seperti memenangkan suatu hadiah atau tautan untuk mengisi formulir di suatu website? Kebanyakan orang mudah terjebak hal tersebut, dengan mengisi apa yang diperintahkan, hal tersebut sebenarnya phising. Jadi, sebaiknya kalian jangan tergesa-gesa melakukan suatu hal, karena nantinya akan berakibat buruk. Cermatilah dahulu isi tautan atau apapun itu, jangan sampai melakukan kesalahan ketik, lihat baik-baik apakah dari perusahaan ternama atau dari perusahaan yang tidak jelas asal usulnya, karena jika kalian salah mengisi bisa berakibat fatal. Selamat mencoba

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More