Berkenalan Dengan EcmaScript

Pernah mendengar EcmaScript? mungkin nama bahasa pemrograman ini agak asing ditelinga kita, walaupun kamu seorang web developer. Sebenarnya EcmaScript itu adalah JavaScript, tapi kenapa namanya dibedakan? sebenarnya kalian bisa mengetahui jawabanya, jika sudah membaca sejarah JavaScript. Tapi tenang guys!, diartikel ini saya akan menceritakan secara singkat bagaimana perkembangan bahasa JavaScript.

Perusahaan bernama Netscape/Mozilla adalah pencipta pertama JavaScript yang digunakan untuk melakukan manipulasi HTML/DOM di browser Netscape/Firefox. Karena kesuksesan Netscape mengembangkan bahasa JavaScript, Microsoft pun tak mau ketinggalan, mereka menciptakan bahasa serupa bernama JScript. Perbedaan inilah yang menyebabkan hasil yang berbeda ketika website dijalankan di browser Netscape dan IE. Untuk mengatasi hal tersebut, dibuatlah EcmaScript yang merupakan standarisasi dari client-side scripting. Sehingga JavaScript dan JScript disepakati sebagai implementasi dari EcmaScript, termasuk juga Action Script. Namun karena JavaScript adalah bahasa yang paling pertama dibuat, maka orang-orang lebih mengistilahkan EcmaScript dengan Sebutan JavaScript.

EcmaScript sendiri sebenarnya dilahirkan dari JavaScript asli, sehingga secara fitur, tidak ada perbedaan antara JavaScript dan EcmaScript. Sedangkan untuk versi JScript sendiri, ada sedikit perbedaan namun masih tetap mendukung fitur-fitur yang ada di versi standar EcmaScript. JavaScript yang kita kenal saat ini, adalah EcmaScript versi 5 (ES5). EcmaScript sendiri saat ini sudah sampai versi 6 (ES6/ES2015), namun belum support untuk semua browser. Sehingga untuk menggunakannya, ES6 harus ditranspile (dirubah) menjadi ES5/JavaScript dengan tool yang bernama Babel.

Sekianlah perkenalan dengan EcmaScript, semoga bisa membuka wawasan kalian, terima kasih.

22 September 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat