Belajar OOP bag 1 - Mengerti Perbedaan Class Dan Object

10/12/2014    Reza Indra    15710     Website

Dalam pelajaran Object Oriented Programming pertama, saya akan menjelaskan maksud dari Class dan Object. Jika kalian sudah tahu apa itu kepanjangan dari OOP dan mengerti maknanya, pasti ada sedikit gambaran seperti apa OOP itu. Berikut penjelasan mengenai Class dan Object.

Class merupakan kumpulan dari suatu fungsi-fungsi yang dibuat untuk suatu tujuan tertentu. Misalnya kita akan membuat sebuah Mobil. Maka yang perlu kita buatkan adalah beberapa class yang didalamnya berisi fungsi-fungsi yang dapat membuat Mobil itu dapat berjalan sebagaimana mestinya, misalnya class Roda, class Mesin, class Kerangka Mobil, class Body Mobil dan lain lain. Class masih merupakan sebuah konsep yang belum siap digunakan.

Sedangkan Object adalah pemanfaatan dari class yang siap untuk digunakan, misalnya kita sudah membuat class Roda, yang di dalamnya itu berisi konsep bagaimana Roda itu bisa berjalan, bagaimana Roda itu bisa berputar dan lain-lain, jika semua konsep Roda sudah oke, barulah kita akan dirubah menjadi sebuah Roda yang siap untuk dipakai. Nah itulah yang dinamakan Object Roda.

Nah, berikut adalah contoh yang menjelaskan perbedaan Object dan Class.

Object: Manusia

Class: Manusia dapat berjalan, melihat, berlari, memiliki kaki, mata, rambut, hidung, dapat berbicara dan lain-lain.

Object: Komputer

Class: Komputer memiliki layar, prosesor, ram, bisa dimatikan, dihidupkan, bisa memutar musik dan lain-lain.

Nah, itu adalah perbedaan Object dan Class pada artikel selanjutnya saya akan memberikan contoh membuat program Class dalam PHP dan merubahnya menjadi sebuah Object yang siap untuk digunakan.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More