Belajar OOP Bag 4 - Encapsulation (Public, Private dan Protected)

16/12/2014    Reza Indra    3178    Website

Setiap kita membuat method dan property dalam Class, wajib memiliki hak akses, ini sangat penting agar tidak semua user dapat merubah alur kerja dari sebuah program yang anda buat.

Dalam OOP dikenal ada 3 hak akses atau dinamakan Encapsulation, terdiri dari Public (Dapat diakses di dalam ataupun di luar class termasuk Class turunan), Private (Hanya dapat diakses di dalam Class itu sendiri) dan Protected (Hanya dapat diakses dalam Class itu sendiri ataupun Class turunan).

Dengan adanya Encapsulation, Class menjadi lebih terintegrasi dan menghalangi kesalahan jika ada seseorang yang ingin mencoba merubah program yang kita buat.

Misalnya sebuah Aplikasi saya analogikan sebagai Komputer, dalam Komputer kita diberikan method Public yang dapat kita ketahui misalnya: cara menghidupkan komputer, mematikan komputer, restart dan lain-lain. Namun ada beberapa method Private atau Protected yang kita tidak mesti tahu apalagi merubahnya misalnya: cara kerja processor mengeksekusi program, cara kerja keyboard, mouse dan lain-lain.

Contoh:

Dalam Class person di atas ada tiga property yang masing-masing diberi hak akses berbeda. Nah, sekarang mari kita cetak satu persatu property dalam Class Person.

Untuk mencetak property nama, caranya seperti biasa tinggal kita buat object dan langsung mencetaknya.

Selanjutnya, untuk mencetak property alamat, kita tidak bisa melakukan hal yang sama, jika itu terjadi maka akan error. Nah, caranya kita harus buat dulu sebuah method Public untuk mencetak alamat dalam Class Person.

Kemudian kita cetak.

Selanjutnya kita akan cekat property usia yang memiliki hak akses Protected. Nah, untuk protected kita harus membuat dulu Class turunan/Inheritance (selengkapnya akan saya jelaskan pada materi selanjutnya).

Kemudian kita buat object untuk Class Usia dan kita cetak.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow