Beda mysqli_fetch_array dan mysqli_fetch_assoc

Hai teman-teman DumetSchool !

Teman-teman yang sudah belajar PHP Dasar pasti sudah tidak asing lagi dengan fungsi mysqli_fetch_array(). Fungsi ini digunakan untuk mengubah baris data yang dipilih menjadi pecahan array.

Suatu hari saya menemukan tutorial berbahasa inggris yang hampir semuanya tidak ada yang memakai mysqli_fetch_array. Lalu apa yang mereka gunakan? Ternyata mereka menggunakan fungsi mysqli_fetch_assoc.

Lalu apa perbedaan mysqli_fetch_array dan mysqli_fetch_assoc?

Perhatikan tabel dibawah ini.

Jika saya menampilkan menggunakan mysqli_fetch_array maupun mysqli_fetch_assoc maka pemanggilan berupa nama field dapat dilakukan. Contohnya seperti berikut :

1. Menggunakan mysqli_fetch_array

2. Menggunakan mysqli_fetch_assoc

Perbedaannya adalah hasil yang dihasilkan oleh mysqli_fetch_assoc dapat dilakukan juga oleh perintah mysqli_fetch_array. Namun perintah mysqli_fetch_assoc tidak bisa membuat hasil berupa index. Seperti yang dilakukan oleh fungsi mysqli_fetch_aray.

Jadi, hasil dari mysqli_fetch_array itu 2 jenis, yaitu array['nama_field'] dan array[urutan_field]. Sedangkan mysqli_fetch_assoc hanya berupa array['nama_field'] saja.

Semoga bermanfaat ya teman-teman laugh

5 April 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat