Beberapa Tips Menjadi Programmer

08/06/2015    Fachrul Ahaddin    2270    Artikel Bebas

Mungkin diantara teman-teman ada yang berbakat memecahkan suatu masalah, atau teman-tema yang sering bermain dengan logika ? nah mungkin programmer adalah pekerjaan yang cocok buat teman-teman. Pada zaman teknologi seperti sekarang ini, tidak bisa dipungkiri jika programmer salah satu bidang profesi yang paling banyak dicari. Baik itu untuk perusahaan, usaha kecil-kecilan, sampai hobby. Yang sering jadi permasalahan adalah rasa takut dengan bahasa pemrograman yang banyak didengar sulit atau susah. Saran saya coba hilangkan dulu pikiran seperti itu dan cobalah memasuki dunia programming. Mungkin beberapa tips dibawah ini bisa berguna buat teman-teman semua :

1.       Mempunyai tekad yang kuat

Kalau kita membicarakan soal tekad, pekerjaan apapun pasti harus memiliki tekad yang kuat termasuk programmer. Kita coba share dengan orang-orang yang sudah professional menjadi programmer, dari situ kita mungkin akan termotivasi menjadi seorang programmer. Selain itu kita harus punya komitmen dengan diri kita sendiri. Jika kita sudah bertekad ingin menjadi programmer, maka tekunilah. Jangan setengah-setengah atau hanya sekedar mengikuti  orang saja.

2.       Kuasailah satu bahasa pemrgograman yang anda sukai

Bahasa pemrograman itu banyak sekali macamnya. Apa kita bisa menguasai semuanya ? jawabannya mungkin saja bisa, tapi itu membuat kita tidak fokus dengan bidang yang kita tekuni. Langkah awal jika ingin menjadi seorang programmer adalah dengan memilih bahasa pemrograman yang akan kita kuasai. Dengan begitu kita bisa fokus dalam mengembangkan dan berinovasi.

3.       Mengerti algoritma

Ada yang belum pernah mendengar kata algoritma ? algoritma dapat diartikan sebuah langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah secara berurutan dan sudah terbuktu kebenarannya secara logika. Jadi sekali lagi, yang namanya programming itu mengandalkan 99% logika. Logika yang digunakan harus tersutruktur dan berurutan untuk menampilkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

4.       Usahakan jangan menghapal sintaks

Didalam pemrograman pasti kita harus mengerti sintaks-sintaks dari bahasa pemrograman yang kita gunakan. Tapi yang lebih penting adalah logika kita dalam mengimplementasikan langkah-langkah dalam memecahkan masalah secara benar dan berurutan.

5.       Jangan copy paste

Mungkin diinternet sudah banyak sekali referensi koding atau script. Tapi jangan pernah copy paste. Karena kita tidak akan tahu maksud dari kodingan yang kita copas itu apa. Jadi usahakan kita mengetik sendiri dan memahami step by step koding program yang kita buat.

6.       Jangan mudah menyerah

Saat kita melakukan koding pasti kita sering jumpai error dalam program. Memang menyebalkan jika error yang kita temui tidak kunjung terselesaikan. Namun itu salah satu tantangan tersendiri dalam programming. Kita harus bisa memecahkan masalah error dari program yang kita buat. Jangan gampang kesel atau pusing. Coba kita cermati lagi koding yang sudah kita buat.

 

 

Oke teman-teman demikian tips dari saya. Semoga teman-teman tidak takut jika nantinya harus bertemu dengan pemrograman.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow