Bahaya Gelombang Elektromagnetik

Komputer, laptop, handphone, smartphone, microwave, maupun peralatan elektronik lainnya yang bisa memancarkan gelombang elektromagnetik. Ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan manusia.

Pancaran gelombang elektromagnetik yang berasal dari alam tidak berbahaya, namun bila gelombang elektromagnetik yang sangat kuat berasal dari berbagai peralatan listrik itu yang bisa berbahaya bagi kesehatan manusia. Gelombang elektromagnetik yang berbahaya adalah paparan gelombang yang dekat dengan Anda dalam waktu lama. Sumber gelombang elektromagnetik tersebut berasal dari peralatan audio-video, televisi, komputer, dan lain sebagainya.

Setelah melakukan penelitian terhadap komputer, para ilmuwan menemukan bahwa komputer memiliki dua sumber radiasi, yakni pada layar dan CPU sehingga radiasi lebih besar bila dibandingkan dengan peralatan elektronik yang lain. Selain itu, radiasi yang berasal dari handphone maupun smartphone juga dapat memberikan pengaruh yang buruk pada kesehatan.

Bila kita didepan layar komputer untuk waktu yang cukup lama dapat meningkatkan jumlah gelombang elektromagnetik yang besar dan pasti akan berdampak buruk bagi kesehatan. Seperti contoh, ketika kita bekerja sangat lama di depan komputer, akan menyebabkan badan mudah merasa lelah, iritasi, kadang memiliki rasa enggan untuk menjawab pertanyaan dan ingin sekali-kali berbaring maupun bersandar.

Selain orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami masalah radiasi gelombang elektromagnetik dan berdampak pada kesehatan mereka. Apalagi saat ini anak-anak sangat berpengaruh dengan berbagai peralatan elektronik.

Jika Anda sering bekerja di depan komputer, para ilmuwan menyarankan agar Anda dapat menjaga kesehatan Anda, misalnya dengan melakukan olahraga secara teratur, menikmati waktu santai di luar ruangan atau alam terbuka, bekerja di ruangan dengan ventilasi, mengikuti aturan keselamatan yang tercatat dalam berbagai peralatan elektronik, dan batasi penggunaan barang elektronik pada anak-anak. Semoga bermanfaat.

15 Februari 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat