Apa Itu Module File System Pada Node JS

Nodejs mempunyai Module File System yang di gunakan untuk membuat file, Menghapus file, membaca file serta menulis file seperti layaknya bahasa program PHP. Module File System yakni (fs) yang kita gunakan itu dari bawaan Node.JS sendiri. Node File System (fs) modul dapat diimport dengan menggunakan sintaks berikut :

Selanjutnya kita akan buat contoh sederhana dalam membaca file dengan metode readFile() akan membaca isi dari file contoh.txt yang isinya seperti berikut

Pada fungsi readFile memiliki beberapa parameter yang pertama yaitu namafile yang akan dibaca dan kedua parameter fungsi callback yang merupakan konsep yang penting dalam proses input dan ouput.

sehingga data yang dihasilkan dari file contoh.txt akan ditampilkan pada console.

sedangkan untuk writeFile() adalah function untuk membuat file atau menulis. Contohnya saya akan beri nama filenya write.txt dan sekaligus mengisi file dari data yang dihasilkan.

Teman teman buka command line nya sekarang ketikkan dengan node app.js untuk menjalankannya dan pastikan berada pada project foldernya maka akan dibuatkan satu file dan muncul text pada write.txt.


Kesimpulannya :
Jika proses pembacaan file contoh.txt selesai maka fungsi callback pada readFile() akan di jalankan dan hasilnya data atau isinya akan ditampilkan pada file write.txt. Selamat mencoba.

21 Juni 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat