Android 5.1 - Smart Lock

Para pengguna smartphone berbasis Android 5.1 Lollipop kini sudah bisa menggunakan perangkat otomatis untuk mengunci layar tanpa perlu bolak-balik melakukan proses Unlock, setiap kali hendak melihat layar. Mengapa demikian ? Karena, Google menerapkan sebuah fitur Smart Lock di dalam Sistem Operasi-nya.

Fitur Smart Lock diberi nama “On-Body Detection” yang disematkan dalam menu Smart Lock tersebut, bisa mendeteksi ponsel jika sedang dibawa oleh pengguna, termasuk saat dimasukkan kedalam kantong pakaian atau saku.

Cara kerja Smart Lock akan menonaktifkan kunci [Pin atau Pattern] perangkat sehingga tak perlu dibuka beruang-ulang oleh pengguna. Kunci pengaman akan kembali diaktifkan ketika perangkat sedang tidak berada di tangan pengguna. Implementasi kunci pengaman dengan cara baru ini diklaim akan mempermudah pengguna dalam mengakses aplikasi di smartphone.

Dalam penjelasan di layar setting On-Body Detection di Android 5.1 Lollipop “Cukup buka kunci sekali dan perangkat akan selalu tidak terkunci ketika Anda sedang memegang atau membawanya”. Jadi, perangkat akan kembali terkunci kapanpun Anda menaruhnya karena sedang tidak dibawa. Selain itu, Smart Lock bisa menonaktifkan kunci perangkat ketika berada dalam situasi tertentu, seperti ketika pengguna berada dirumah atau saat perangkat tersambung dengan perangkat Bluetooth misalnya tape deck di mobil.

Belum diketahui secara detail mengenai perangkat Android 5.1 mana saja yang akan kebagian fitur On-Body Detection. Karena, tidak semua perangkat Android 5.1 mendukung fitur Smart Lock. Sejauh ini fitur tersebut baru berada di smartphone Nexus 4, 5, dan 6. Selebihnya belum diketahui lagi.

23 Maret 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat