Alasan Kenapa Mematikan Komputer Harus DiShutdown

Kebanyakan orang pengguna komputer atau laptop, saat mematikan komputernya menggunakan fitur Shutdown. Mungkin dulu kamu pernah dilarang, jangan mematikan komputer dengan cara dipencet tombol power yang lama, walaupun hasilnya sama-sama mati tapi cara seperti itu adalah salah, sama saja kita matikan komputer secara paksa. Nah, lalu apa alasan kenapa kita diwajibkan menggunakan fitur Shutdown saat mematikan komputer? apa yang akan terjadi jika kita menggunakan tombol power?

1. Kerusakan Pada Power Supply

Saat proses Shutdown, prosesor akan memerintahkan kepada BIOS untuk menghentikan semua pekerjaan komponen komputer sehingga arus dan daya terputus dengan normal. Tapi kalau kita menekan tombol power atau mencabut kabel power, proses penghentian komponen komputer menjadi tidak normal dan akan menyebabkan kerusakan pada power suply.

2. Processor Bisa Rusak, Bahkan Gosong

Saat proses Shutdown, pendingin/fan komputer akan bekerja secara maksimal untuk mendinginkan prosesor. Jika menggunakan tombol power, pendingin kompter tidak bekerja secara penuh, sehingga lama-kelamaan akan menyebabkan prosesor rusak bahkan gosong.

3. Registry Menjadi Berantakan

Registry adalah sebuah pusat database yang menyimpan pengaturan konfigurasi pada Sistem Operasi. Saat proses Shutdown, komputer akan melakukan registrasi ulang pada semua komponen komputer/software yang terpakai, serta data yang dipakai atau yang dihapus. Jika kita mematikan komputer secara langsung, maka akan membuat proses registrasi menjadi berantakan.

4. Kemungkinan Hard Disk Mengalami Bad Sector Sangatlah Tinggi

Saat proses Shutdown, komputer akan menyimpan semua proses yang terjadi ke dalam hardisk. Jika kita mematikan komputer secara tiba-tiba dengan menekan tombol power, akan merusak silinder Hard Disk atau biasa disebut Bad Sector.

5. RAM atau Memory Bisa Rusak

Saat proses Shutdown, RAM akan dikosongkan penuh sehingga saat dinyalakan kembali RAM dalam keadaan fresh, jika kita mematikan komputer secara langsung maka kemungkinan besar RAM akan rusak.

8 Juni 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat