9 Tips Rahasia Membuat Konten yang Harus Kamu Ketahui

02/06/2019    Surya Chandra Gobel    117     Artikel Bebas

Saat kamu membuat konten, sebelumnya kamu harus tau, tidak semua konten yang kamu buat akan dibaca oleh pengunjung. Seperti kita ketahui, padahal sebagian besar penawaran ada pada konten. Oleh karena itu, kamu harus tau tips untuk meningkatkan pembaca pada kontenmu, sehingga tujuanmu dapat tercapai. Berikut ini 9 Rahasia Membuat Konten yang Harus Kamu Ketahui.

Tentukan Tujuan Membuat Konten

Sebelum membuat konten, kamu harus tau tujuan membuat konten. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak sia-sia membuat konten. Tujuan membuat konten sendiri supaya ada hal yang bisa disampaikan kepada target. Salah satu tujuan membuat konten pun biasanya untuk meningkatkan trafik, menginformasikan sesuatu, mengedukasi produk, pedekatan kepada pengunjung dan ujung-ujungnya mengarahkan pengunjung untuk membeli.

Berikan Manfaat

Kamu harus berusaha menyenangkan pembaca dengan memberikan tulisan yang bermanfaat dengan penyajian yang menarik. Pembaca yang merasakan manfaat dari apa yang kamu berikan, ada kemungkinan akan menjadi loyal, karena kamu telah membantu mereka. Kamu harus mengerti betul apa yang pembaca ingin dapatkan.

Membuat Konten Emosional

Banyak pembuktian bahwa keputusan seseorang biasanya sangat dipengaruhi oleh emosi, bukan logika. Mengapa demikian ? Sebab banyak barang yang kita beli hanya karena ingin saja, bukan kebutuhan. Membuat tulisan bukan hanya tentang menyediakan apa yang pembaca butuhkan, tetapi bagaimana membuat skenario di mana mereka menjadi tertarik secara emosional. Misalnya produk Tolak Angin "Orang Pintar Minum Tolak Angin", siapa orang yang tidak mau dianggap pintar hanya karena minum Tolak Angin ?

Gunakan Testimonial

Testimonial dapat kamu gunakan untuk memperkuat tulisan. Biarkan orang lain atau customer yang bicara tentang produkmu. Dengan begitu, apa yang kamu tidak bisa sampaikan dapat disampaikan pengguna yang memakai produkmu. Testimonial ini akan berguna untuk kredibilitas suatu produkmu.

Buat Seperti Obrolan

Tujuan kita membuat tulisan copywriting, yaitu agar bisa dekat dengan pembaca. Buatlah tulisan dengan gaya sedang berbicara dengan pembaca. Kamu bisa sisipkan kalimat tanya yang bisa memancing pembaca agar menjawab pertanyaanmu dalam hatinya, adakalanya sisipkan humor juga. Dengan begitu, pembaca akan merasa seperti sedang berbicara dengan teman sendiri.

Konten yang Nagih

Kamu bisa membuat tulisan seperti di cerita dongeng, yang mana setiap kalimatnya akan mengantarkan pembaca ke kalimat atau ke cerita berikutnya. Ini lah yang disebut konten yang nagih, pembaca akan terus membaca sampai akhir tanpa merasakan ada masalah.

Jangan Terang-Terangan Berjualan

Biasanya pelanggan akan malas membeli produkmu, jika dari awal sudah ditawari produk, tanpa ada basa-basi. Kamu harus membiasakan buat obrolan dengan calon pelanggan, lalu tanyakan kebutuhan pelanggan itu seperti apa. Ketika kamu sudah tau kebutuhan pelanggan sesuai dengan apa yang kamu jual, di sini kamu mulai beraksi memberikan solusi, dengan cara membeli produkmu.

Buat Kontent Menarik

Untuk membuat konten yang menarik memang gampang-gampang susah, apalagi sesuai pengalaman pribadi. Namun, dari dulu orang-orang yang menulis tidak pernah kehabisan ide untuk membuat tulisan yang menarik. Nah, biasanya untuk membuat konten yang menarik, hal yang harus dilakukan, yaitu membuat konten yang bisa mengajak pembaca terhanyut ke dalam tulisan tersebut, apa pun, yang viral sekali pun boleh.

Evaluasi dan Revisi

Ini merupakan bagian terakhir yang bisa dibilang penting dalam membuat konten. Kita tidak bisa mengandalkan diri sendiri untuk mengetahui konten yang kita buat sudah bagus atau belum. Cobalah minta kepada siapa pun untuk berperan sebagai pembaca dan membaca tulisan yang kita buat. Dengan begitu, kita akan bisa menilai tulisan kita sudah bagus atau belum. Jika belum bagus, langkah yang harus dilakukan, yaitu revisi.

Itulah sedikit informasi mengenai 9 Tips Rahasia Membuat Konten yang Harus Kamu Ketahui. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

referensi: blog.upbisnis.com/panduan-lengkap-copywriting/

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More