7 Tips dan Trik Google Maps yang wajib diketahui

Saat ini Google Maps merupakan aplikasi yang sangat populer terlebih buat orang yang ingin berpergian jauh dan tidak tahu jalan untuk sampai ketujuan. Selain untuk memudahkan kita dalam menuntun ketempat tujuan Google Maps juga telah memberikan banyak kemudahan dengan fitur-fitur yang telah tersedia. Berikut adalah trik yang bisa kita pakai dalam menggunakan aplikasi Google Maps. Simak selengkapnya 7 Tips dan Trik Google Maps yang wajib diketahui.

1. Zoom dengan satu tangan
Biasanya kita menggunakan dua jari untuk memperbesar atau memperkecil objek pada peta. Tetapi Google Maps memungkinkan kita melakukan kondisi ini dengan hanya menggunakan satu tangan.

2. Google Maps Street View
Pada aplikasi Google Maps kita bisa menggunakan fitur Street View dimana kita bisa melihat jalan atau tempat tertentu. Fitur ini sangat berguna sekali jika kita ingin menemukan suatu tempat atau wilayah dengan sangat tepat dan cepat.

3. Memeriksa lalu lintas
Ada satu fitur yang sangat khas dalam Google Maps yakni adanya fitur pengecekan dan memeriksa lalu lintas. Fitur ini memungkinkan kita untuk bisa melihat kondisi lalu lintas pada suatu daerah atau wilayah suatu tempat tertentu. Jadi kita bisa merencanakan perjalanan pada waktu dengan tepat. Tapi sayang sekali fitur ini hanya baru tersedia pada versi web dari Google Maps.

4. Google Maps Lite Mode
Selanjutnya adalah fitur Google Maps Lite Mode, fitur ini akan sangat berguna jika kita sedang menggunakan data inetrnet dan ketika fitur ini aktif akan mengurangi penggunaan data internet lebih rendah. Fitur ini bisa kita gunakan dalam versi web dari Google Maps, baik dari PC komputer ataupun dari browser smartphone.

5. Download Maps
Fitur selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah adanya Download Maps, dengan adanya fitur ini kita bisa dengan mudah men-download peta area atau Maps tertentu untuk menuntun dan mendapatkan suatu informasi lokasi atau tempat tanpa terkoneksi internet. Fitur ini sepertinya akan berguna sekali buat kita yang ingin menghemat data internet ketikan ingin melakukan perjalanan jauh.

6. Membuat peta kustom
Google Maps telah menyediakan fitur dimana kita bisa kustomisasi peta. dengan fitur ini kita bisa menambahkan beberapa objek atau label pada peta.

7. Berkontribusi di Google Maps
Google Maps saat ini memang telah memberikan informasi-informasi yang sangat bermanfaat akan tetapi tahukan kalian bahwa Google Maps sebagian besar bergantung pada penduduk setempat untuk berkontribusi dalam memperbaiki informasi mengenai tempat-tempat. Dengan demikian kita juga bisa dengan mudah berkontribusi pada Google Maps dengan membuat informasi mengenai tempat-tempat atau daerah menjadi lebih baik lagi. Dengan berkontribusi Google Maps akan memberikan reward atau hadiah berupa poin setiap kali kita berkontribusi, dan poin ini bisa digunakan untuk ditukar dengan penyimpanan Google Drive gratis.

Itulah beberapa trik yang terdapat pada Google Maps, sekian artikel mengenai 7 Tips dan Trik Google Maps yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat :)

1 Agustus 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat