7 Cara Meningkatkan Trafik Website Tanpa Teknik SEO

29/07/2019    Surya Chandra Gobel    359     Marketing

Belakangan ini semakin banyak pengusaha yang terjun ke dunia online, karena mereka merasa berjualan dengan cara konvensional atau berjualan dengan cara offline kurang begitu efektif. Dengan adanya marketplace, beberapa pengusaha cukup terbantu meningkatkan penjualan. Namun, tidak jarang pengusaha lebih memilih membuat website sendiri untuk berjualan. Alasannya, di marketplace ada banyak competitor yang bermain harga tidak karuan, jika mempunyai website sendiri, otomatis harga produk hanya ditentukan oleh pemilik website saja.

Jika website buatan sendiri dibandingkan dengan marketplace, tentu marketplace lebih mudah menjangkau pelanggan. Pengunjung lebih suka website dengan banyak toko yang menyediakan kebutuhan yang lengkap dan paling penting trafik pada sebuah marketplace lebih besar, apalagi jika marketplace tersebut sudah mempunyai nama besar. Namun, bukan tidak mungkin website buatan sendiri tidak bisa mendapatkan trafik yang banyak. Jika target pelanggan kalian adalah orang-orang dari pencarian Google, maka bisa menggunakan teknik SEO.

Benar, meningkatkan trafik website bisa dengan menggunakan teknik SEO. Teknik SEO merupakan salah satu cara efektif untuk menaikkan trafik website. Namun, sayangnya bagi para pemula yang baru belajar SEO, masih kurang memahami dan kurang bisa menerapkan teknik SEO dengan tepat. Biasanya kesalahan teknik SEO yang paling sering dilakukan, yaitu praktek keyword stuffing, di mana praktek tersebut memasukkan banyak keyword yang sama dalam satu paragraf tanpa memerhatikan keyword density.

Memang dalam mempraktekkan teknik SEO tidak semudah melihat website lain yang berada di halaman pertama Google. SEO merupakan teknik yang butuh kerja keras dan kesabaran yang tinggi serta menguras banyak hal. Pantang menyerah adalah satu-satunya jalan menguasai teknik SEO ini. Namun, apa daya jika memang sudah tidak sanggup dengan teknik SEO, ada cara mudahnya, langsung ikuti 7 Cara Meningkatkan Trafik Website Tanpa Teknik SEO berikut ini.

1. Membuat Artikel Berkualitas

Membuat artikel untuk blog memang tidak mudah. Terutama bagi seseorang yang belum memahami teknik dasar cara menulis artikel yang berkualitas dan SEO-friendly. Jika kamu ingin membuat pembaca betah berlama-lama pada artikel sampai kalimat terakhir tulisanmu, cobalah perhatikan kualitas artikel yang kamu posting. Dengan begitu, jika pembaca merasa puas, maka mereka akan merekomendasikan artikelmu kepada orang lain, yang mana hal ini akan meningkatkan persentase trafik kunjungan pada website.

2. Manfaatkan Social Media

Blogger yang mengerti tentang SEO akan mengoptimalkan artikelnya supaya berkualitas di mata mesin pencari, yang mana hal ini akan mendatangkan banyak trafik ke websitenya. Namun, bagi pemula di dunia content writing tidak disarankan langsung bermain SEO untuk mendapatkan trafik pada websitenya, tetapi disarankan mencari trafik pada platform social media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. Gunakan beranda social media untuk share artikel buatanmu dan jangan lupa gunakan hashtag yang sesuai agar relevan dengan pencarian orang-orang yang sedang mencari hal serupa.

3. Blog Comment

Di awal dunia blog sedang booming, blogwalking adalah salah satu cara paling efektif untuk mendatangkan trafik pada website. Yang dilakukan para blogger, yaitu antara satu blogger dengan blogger lainnya saling berkunjung. Bukan hanya berkunjung saja, tetapi juga saling memberikan komentar pada artikel masing-masing. Dengan begitu, terjadilah trafik pada website masing-masing blogger.

Apakah saling berkomentar pada artikel suatu website masih berlaku untuk mendatangkan trafik ? Ya, sampai saat ini masih ada yang melakukan praktek tersebut.

4. Bergabung dengan Forum

Mempunyai komunitas juga cukup penting untuk mendatangkan trafik pada website, sama halnya dengan grup pada social media Facebook dan Whatsapp. Jika kita mengirimkan atau share link ke grup tersebut, maka kemungkinan besar akan mendapatkan trafik. Tidak ada bedanya dengan forum seperti Kaskus yang biasanya sering dipakai para komunitas untuk membahas topik yang sesuai dan memberikan solusi. Kalian pun bisa membuat konten pada forum tersebut sesuai topik dan jangan lupa cantumkan halaman website kalian di sana, supaya jika ada yang mau tau lebih jauh bisa berkunjung ke website kalian.

5. Email Blast

Dalam dunia digital marketing, praktek email blast sudah dilakukan para marketer sejak lama, karena memang terbukti ampuh mendatangkan trafik sampai terjadinya closing produk. Namun, praktek ini memerlukan pengunjung atau orang-orang yang pernah subscribe pada form subscribe yang telah kalian sediakan pada website. Oleh karena itu, cobalah pancing pengunjung untuk subscribe form yang telah disediakan. Jika mereka telah subscribe pada form, maka kalian bisa kirim penawaran lewat email dengan cara email blast.

6. Membuat Internal Link

Teknik yang satu ini termasuk salah satu teknik SEO, tetapi bisa juga dianggap bukan teknik SEO, karena praktek internal link sudah ada jauh sebelum SEO populer. Dengan mengandalkan sebuah halaman website atau sebuah halaman artikel yang mempunyai reputasi atau trafik tinggi bisa mengangkat halaman lain yang sebelumnya tidak mempunyai trafik sama sekali. Namun, praktek ini dilakukan jika website kalian memang sudah ramai trafiknya. Bagi pemula tidak ada salahnya mencoba dari awal pada sebuah halaman yang kemungkinan nantinya akan banyak mendatangkan trafik pada websitenya.

7. Menggunakan Iklan

Untuk mendatangkan trafik ada 2 cara ampuh, yaitu dengan teknik SEO dan teknik SEM. SEO mengandalkan robot milik google untuk merayapi dan merekomendasikan website dengan konten unik dan terbaik agar muncul di halaman mesin pencari google, sedangkan SEM dengan cara beriklan pada platform seperti Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, Youtube Ads dan lainnya yang mampu mendatangkan trafik sesuai dengan yang kita inginkan. Namun, kalian harus menyiapkan biaya yang lumayan menguras kantong, apalagi jika competitor melakukan hal yang sama.

Itulah sedikit informasi mengenai 7 Cara Meningkatkan Trafik Website Tanpa SEO. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian. Jika ada saran bisa kirimkan pesan kepada kami, terimakasih.

referensi: www.pasblogger.com/2018/09/cara-meningkatkan-traffic-blog-tanpa-seo.html

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More