7 Manfaat Ujian Nasional Online

01/04/2015    Rido Sandi Atmanto    5240     Artikel Bebas

Hai teman-teman DumetSchool !

Saat ini banyak sekali kegiatan yang dulunya manual dibuat secara online. Salah satunya yang akan dibuat versi online-nya juga adalah ujian nasional. Mulai tahun ini sistem ujian nasional secara online sudah mulai di uji coba. Salah satunya di SMA 78 Jakarta.

Kenapa ujian nasional itu dianggap lebih baik dan mengarahkan kita kepada kemajuan? Berikut adalah 7 alasan ujian nasional secara online itu bermanfaat :

1.      Menghemat kertas

Bayangkan berapa banyak jumlah kertas yang dibutuhkan untuk setiap tahun ujian nasional di seluruh Indonesia? Pasti banyak sekali. Penghematan ini juga turut menyelamatkan hutan kita lho?

2.      Mempercepat proses pengerjaan

Dengan menggunakan komputer maka peserta tidak harus menghitam-hitamkan jawaban. Menajamkan pensil juga otomatis tak perlu dilakukan

3.      Pengetikan nama lebih lengkap, bagaimana jika namanya panjang

Kalian pasti punya teman yang namanya punya lebih dari 4 kata. Kalau masih menggunakan teknik kehitam-hitaman maka bisa memakan waktu 15 menit  untuk memberi nama saja.

4.      Koreksi lebih mudah

Teknologi IT dapat menyelesaikan proses koreksi soal dengan cepat dan tidak memerlukan banyak tenaga.

5.      Tidak perlu mencetak soal

Proses cetak juga bukan hal yang sepele. Perlu waktu untuk melakukan layouting dan pengecekan. Dengan adanya model ujian online proses tender percetakan juga bisa ditiadakan.

6.      Tidak perlu mengirim soal sampai terlambat ke pulau-pulau.

Logistik merupakan tantangan tersendiri bagi tim panitia ujian nasional. Bagi teman-teman yang tinggal di perkotaan masih punya akses yang lebih baik. Bayangkan jika berada di daerah yang bergunung-gunung melewati hutan dan lautan. Sudah dibawa jauh-jauh, eh soalnya basah semua dan rusak. Resikonya ujian nasional bisa ditunda didaerah tersebut dan media ujian nasionalnya jadi terbuang sia-sia.

7.      Menghemat anggaran Negara

Jadi, dananya bisa untuk membangun jembatan yang sudah tua di daerah-daerah.

Semoga bermanfaat cool

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More