6 Perusahaan yang Paling Mementingkan Skill Daripada Gelar dan Nilai

Indonesia merupakan salah satu negara dengan rakyat paling banyak di dunia. Setiap tahun ribuan sampai jutaan mahasiswa lulus dari kampusnya masing-masing. Namun, ternyata walau pun sudah mendapatkan gelar sarjana, tetap saja banyak yang menganggur, karena saat melamar kerja ketika dites skill, banyak yang nol. Memang terbukti walau pun mempunyai gelar sarjana, jika tidak punya skill, akan kalah dengan orang-orang yang hanya lulusan SMK sederajat, tetapi ada skill.

Jadi, untuk kamu yang hanya lulusan sekolah menengah atas sederajat, jangan berkecil hati. Kamu bisa kok menjadi lebih baik daripada yang punya gelar sarjana. Kamu perlu tau juga, ada beberapa Perusahaan yang Paling Mementingkan Skill Daripada Gelar dan Nilai berikut ini.

1. Apple Inc.

apple staff

Siapa yang tidak tau perusahaan raksasa ini ? Produk smartphone bernama iPhone ini sangat laku keras penjualannya di seluruh dunia. Jika kamu ingin bekerja di perusahaan ini, tetapi kamu hanya lulusan SMK sederajat, kamu bisa bekerja di bagian retail. Gajinya juga sangat lumayan, kamu akan dibayar $12 per jam. Jika kinerjamu luar biasa, kamu bisa mengumpulkan $42.000 per tahun.

2. Google Inc.

google staff

Apalagi perusahaan ini, kamu pasti sangat tidak asing kan ? Kecakapan dalam bekerja memang dinilai di perusahaan ini, tetapi yang lebih penting adalah sifat rendah hatimu. Selain itu, Google sangat menyukai karyawan yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, pandai dan cepat dalam mengatasi masalah. Ijazah, gelar, IPK atau kampus tempat kamu lulus tidak akan dinilai oleh Google.

3. Starbucks Corporation

starbucks staff

Cafe milik Starbucks sangat banyak, menjamur di mana-mana di seluruh dunia. Jika kamu sering nongkrong di cafe sekelas Starbucks pasti kamu tau keuntungan yang mereka dapatkan. Banyak lulusan SMA sederajat direkrut oleh perusahaan ini. Selain itu, mereka semua diberi fasilitas menarik. Jadi, kamu tidak perlu mempunyai gelar dan nilai yang sangat tinggi, skill-mu akan terlatih di sini.

4. Ernst and Young (Perusahaan Firma Akuntansi Ternama)

ernst and young staff

Perusahaan ini mencabut gelar sarjana dari persyaratan perekrutan karyawan mereka. Mereka beranggapan bahwa kesuksesan di bangku perkuliahan tidak memiliki bukti korelasi yang lurus dengan kesuksesan orang-orang di masa depan. Selain itu, perusahaan ini juga sangat tanggap jika berurusan dengan promosi jabatan yang berbeda dengan perusahaan lain. Bahkan Ernst and Young sangat dikenal sebagai perusahaan yang begitu fleksibel dan memiliki kompensasi yang kompetitif.

5. PricewaterhouseCooper (PwC)

PricewaterhouseCooper staff

Fakta yang sering terjadi, yaitu banyak orang beranggapan orang yang meraih nilai A di kampus swasta dianggap lebih rendah daripada orang yang meraih nilai A dari kampus negeri atau kampus-kampus ternama. Sebenarnya seberapa tinggi nilai tidak bisa dijadikan patokan. Seharusnya skill yang dimiliki oleh orang tersebut yang lebih diutamakan. Inilah yang diterapkan pada perusahaan Firma Akuntansi tersebut.

6. Penguin Random House

Penguin Random House Staff

Perusahaan penerbitan ini sangat menghargai semangat para karyawannya. Jika kamu mencintai dunia penerbitan buku dan kamu ingin bekerja di tempat seperti itu, tetapi kamu tidak punya gelar? Tenang, cobalah mendaftar kerja di Penguin Random House. Gelar, IPK atau nilai tidak terlalu berarti pada perusahaan ini. Namun, yang paling utama, yaitu potensimu untuk berkembang, berkreasi, dan ide-ide brilian yang bisa kamu sumbangkan agar perusahaan menjadi lebih berkembang.

Memang masih banyak perusahaan yang lebih mementingkan gelar dan nilai. Namun, kamu tidak ada salahnya melatih skillmu dan mencoba bekerja di perusahaan yang hanya membutuhkan skill daripada gelar dan nilai.

referensi: hipwee.com

9 Februari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Seminar Java April 2024 di DUMET School
chat