6 Text Online Editor Untuk Web Programming

27/10/2014    Reza Indra    1225     Teknologi

Dalam membuat sebuah coding, biasanya kita membutuhkan software text editor yang terinstal di komputer kita. Namun kini sudah tidak lagi, dalam beberapa tahun terakhir beberapa teks editor online sudah banyak bermunculan. Ini adalah aplikasi web yang memungkinkan kita melakukan real-time editing dan preview dari kode client-side: HTML, CSS, dan JavaScript.

Menariknya text editor online ini gratis, bisa digunakan untuk memudahkan melakukan debungging, share coding, atau sebagai media belajar yang mudah. Berikut adalah 6 text editor terbaik untuk web programming.

1. Codepen

Codepen adalah salah satu dari text editor paling populer. Dibuat oleh programmer Chris Coyier dari CSS Triks. Selain tampilan yang sederhana, Codepen juga menampilkan preview live langsung dari kode yang telah kita buat dalam text editor, sehingga lebih mudah untuk melihat sebab dan akibatnya.

[Get it here]

2. JSFiddle

JSFiddle juga merupakan text editor yang paling terkenal. JSFiddle memiliki lebih dari 30 library JavaScript siap untuk langsung digunakan, ditambah juga dapat menambahkan file eksternal dengan mudah. Memiliki SCSS untuk CSS, CoffeeScript untuk JS dan simple vanilla HTML.

[Get it here]

3. JS Bin

JS Bin diciptakan oleh Remy Sharp, master JavaScript pengembang yang memiliki sebuah perusahaan pengembangan web terfokus pada JavaScript dan HTML5. Memiliki lebih dari 40 JS library. Kita dapat menambahkan file eksternal. JS Bin juga memungkinkan anda untuk men-download file di komputer anda.

[Get it here]

4. CSSDeck

CSSDeck memiliki fitur HAML, Markdown, Slim, and Jade for HTML, LESS, Stylus, SASS, and SCSS for CSS, and CoffeeScript for JS. Desain coding yang sangat nyaman.

[Get it here]

5. Dabblet

Dabblet memiliki fitur menampilkan warna gradient jika kita menulis kode warna hex. Meskipun saya tidak yakin kalau itu benar-benar sebuah fitur yang berguna, tapi itu masih cukup menarik.

[Get it here]

6. Liveweave

Liveweave menawarkan lebih dari 20 perpustakaan JavaScript. Juga bahkan mendukung SVG. Hal ini juga dilengkapi dengan built-in ruler yang sangat bagus untuk mendapatkan pengukuran yang tepat dan estetika.

[Get it here]

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More