5 Tools Terbaik untuk Mencari Kata Kunci

01/03/2017    Aulia Rahmah Alhafidz    4220     Marketing

Salah satu teknik SEO yang bisa dipelajari adalah riset kata kunci. Dan riset kata kunci ini juga merupakan hal yang termasuk ke dalam "SEO On Page". Jika Anda ingin produk atau pun website Anda dikenal oleh banyak orang, tentu saja Anda harus tahu terlebih dulu apa yang sering mereka cari. Anda bisa memancing orang-orang untuk mengetahui tentang produk atau website Anda dengan menggunakan keyword atau kata kunci yang Anda sisipkan di artikel atau halaman website Anda.

Jadi, kunci utama dari riset kata kunci ini adalah agar website Anda mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Bukankah penting untuk diterapkan? Namun, jika Anda mencari kata kunci secara manual, tentu saja akan membuat Anda bekerja dan berpikir lebih banyak. Karena Anda menebak-nebak kira-kira apa saja yang banyak orang cari? Sudah jelas dengan cara manual ini akan menguras banyak waktu.

Saat ini, sudah ada banyak sekali website yang menyediakan tools untuk mencari kata kunci. Di antaranya adalah 5 tools yang akan saya sebutkan. Dan inilah 5 Tools Terbaik untuk Mencari Kata Kunci :

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner ini sebenarnya terintegrasi dengan Google AdWords, jadi syarat utama untuk mencari keyword di sini adalah memiliki akun Google. Setelah Anda login di Google AdWords, Anda akan melihat banyak menu dan tawaran untuk menggunakan Google AdWords. Pilih pada menu Tools > Keyword Planner.

Tools Terbaik untuk Mencari Kata Kunci

Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman pencarian. Anda bisa klik bagian "Search for new keywords using a phrase, website or category". Lalu, ketikkan kata kunci. Di sini Anda juga bisa memilih kata kunci berdasarkan lokasi yang menjadi target Anda.

Tools Terbaik untuk Mencari Kata Kunci

Setelah itu akan muncul data kata kunci, rata-rata pencarian per bulan, Competition, perkiraan harga untuk Ads dan lain-lain. Dengan adanya perkiraan biaya tentu saja Anda bisa memperkirakan budget yang akan dikeluarkan bukan?

2. Keywordtool.io

Banyak yang mengatakan jika keywordtool.io lebih lengkap dan lebih baik dari Google Keyword Planner. Karena selain dari Google, Anda juga bisa mencari data dari YouTube, Bing, Amazon dan App Store.

Tools Terbaik untuk Mencari Kata Kunci

Cukup dengan ketikkan kata kunci, pilih lokasi dan pilih bahasa. Lalu akan muncul kumpulan kata kunci yang sesuai, volume, CPC dan Adwords Competition. Namun, yang akan muncul hanya kata kunci. Jika ingin melihat lebih lengkap mengenai Volume, CPC dan AdWords Competition, Anda bisa beralih ke Keyword Tool Pro yang seharga $88 per bulan.

3. SEMrush Keyword Research

Di website ini, Anda bisa mencari kata kunci berdasarkan lokasi. Dan hasil yang didapatkan ada banyak seperti Organic Search, Paid Search, CPC, Trend, Kata Kunci Terkait, dan lain-lain.

Tools Terbaik untuk Mencari Kata Kunci

Ada banyak juga fitur lainnya. Namun, data yang ditampilkan pada halaman hasil terbatas. Jika ingin data yang lebih banyak, Anda bisa upgrade ke fitur "Pro", "Guru" atau pun "Business" yang bisa tracking 500 kata kunci lebih dan banyak fitur lainnya. Biayanya sekitar $99.95 per bulan untuk yang Pro.

4. Kwfinder

Bisa dibilang, kwfinder ini cukup lengkap. Anda bisa mencari kata kunci sesuai dengan lokasi dan bahasa. Namun sayang, Indonesia tidak ada di fitur lokasi, jadi jika ingin mencari kata kunci bisa pilih "Anywhere". Tapi karena ada fitur bahasa, tentu saja menjadi lebih mudah.

Tools Terbaik untuk Mencari Kata Kunci

Pada halaman hasil pencarian, Anda akan melihat di bagian sebelah kiri ada beberapa kata kunci yang banyak dicari, Trend, Search, CPC, PPC dan DIFF. Dan di sebelah kanan, Anda bisa mengetahui seberapa sulit kata kata kunci yang Anda cari, Volume, dan lain-lain. Jika ingin menggunakan fitur yang lebih lengkap, Anda bisa membayar $24.92 per bulannya untuk yang Premium.

5. WordStream Keyword Tool

Pada WordStream ini, di halaman pertama akan muncul halaman yang berisi form untuk mengisi keyword atau kata kunci yang akan dicari. Klik pada tombol Get Keyword Ideas. Setelah itu tunggu dan Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi kata kunci mulai dari yang paling banyak dicari hingga yang sedikit dicari.

Tools Terbaik untuk Mencari Kata Kunci

Data yang ditampilkan di WordStream ini berupa Relative Frequency, Google Search Volume, WS Search Volume dan Competition. Sama seperti keywordtool.io, yang ditampilkan di WordSream hanya Keywords dan Relative Frequency saja. Untuk melihat hasil yang lebih lengkap, bisa dilihat dengan menjadi member yang berbayar. Dan untuk harganya sekitar $2748 per tahun.

Dan itulah 5 Tools Terbaik untuk Mencari Kata Kunci. Dengan menggunakan tools yang ada, Anda bisa dengan lebih efektif mencari kata kunci untuk digunakan pada iklan, artikel atau pun kata yang digunakan di halaman website Anda. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat ya :)

SEO, Tips dan Trik

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More