5 Cara Membuat Headline yang Mudah dan Menarik

24/06/2019    Surya Chandra Gobel    219     Marketing

Dalam mempromosikan sesuatu, ada aspek yang perlu diperhatian, salah satunya, yaitu headline. Dalam banyak pengertian yang kami simpulkan, headline adalah pokok atau kepala berita yang biasanya ditempatkan pada halaman depan. Tujuannya, yaitu berfungsi untuk membuat siapa pun berhenti sejenak, lalu tertarik membaca. Beberapa penulis memiliki cara yang berbeda-beda untuk menghasilkan headline yang menarik seperti berikut ini 5 Cara Membuat Headline yang Mudah dan Menarik.

Unik

Biasanya sesuatu yang berbeda mampu menarik perhatian dengan cepat. Hal yang sama tidak bisa diharapkan menjadi luar biasa, karena sebelumnya sudah pernah ada atau sudah pernah ditunjukkan. Jika dalam persaingan bisnis, produk dan pelayanan yang dipoles dengan sedikit sentuhan yang berbeda lebih sering dipilih oleh customer daripada yang monoton sama seperti competitor lainnya. Semua boleh merasa produk atau pelayanannya yang terbaik, tetapi yang paling unik lah yang akan menjadi pemenangnya.

Contoh:

"CUPDATE YOUT TASTE! MIE CUP YANG SEDAAPNYA UP TO DATE"

Coba perhatikan headline tersebut, sangat jelas target Mie Sedap cup tersebut adalah anak muda, karena memilih kata "cupdate" yang mengacu pada kata update, yang jarang terpikirkan oleh siapa pun. Dengan keunikan tersebut, meningkatkan peluang pendekatan produk secara emosional pada target pelanggan potensialnya.

Membuat tagline atau headline yang bersifat out of the box mungkin beresiko, karena dianggap berbeda. Namun, hal tersebut lebih baik, karena menawarkan hal yang mungkin tidak pernah dimiliki oleh competitor. Seperti produk dari Apple yang mempunyai sistem operasi iOS yang tidak ada satu pun gadget selainnya memiliki hal tersebut. Itulah salah satu alasan produk Apple dijual dengan harga yang cukup mahal, tetapi tetap ada peminatnya. Apple menjelaskan tidak membentuk konsumen, tetapi membentuk fanbase.

Sangat Spesifik

Sebuah konten harus menyajikan informasi yang lengkap, karena di kemudian hari siapa tau pembaca akan kembali lagi dan menjadi konsumen potensial yang selalu membutuhkan apa yang ditawarkan. Konten yang dimaksud salah satunya copywriting pada headline yang harus dibuat secara spesifik.

Pernah ada sebuah kasus, yaitu konten pada sebuah artikel website milik seseorang memiliki judul yang tidak spesifik seperti ini "Cara Membuat Website dengan Mudah". Padahal yang dimaksud website sangatlah luas jenisnya, ada yang dibuat dengan CMS seperti Wordpress, Joomla atau pun menggunakan struktur HTML dari nol. Namun, sayangnya si pembuat konten tersebut tidak menjelaskan pada judulnya jenis website yang akan dibuat.

Berkaitan dengan headline, jika konten yang dibuat pada sebuah website kurang spesifik, maka akan mendapatkan bounce rate yang cukup tinggi (seberapa lama pengunjung berada di halaman konten tersebut). Begitu juga dengan headline harus bisa menjelaskan sebuah penawaran dengan spesifik.

Contoh:

- "8 KIAT JITU TANGKIS SERANGAN JANTUNG"
- "Membuat kulit tampak putih, noda hitam dan bekas jerawat berkurang secara nyata hanya dalam 7 hari"

Salah satu agar headline terlihat spesifik, yaitu menggunakan angka untuk penegasan. Hal ini memberikan kesan kepada pembaca bahwa apa yang kita jelaskan begitu lengkap.

Memaksa Pembaca Membaca

Buatlah pembaca mempunyai perasaan tidak boleh ketinggalan informasi sedikit pun dari headline yang dibuat. Contoh headline yang membuat pembaca memaksa dirinya untuk membaca seperti berikut ini.

"TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE X AGAR TIDAK TERTIPU"

Headline yang berisi kata-kata "Agar Tidak Tertipu" ini sangat memancing siapa saja yang sebelumnya ingin membeli iPhone. Bandingkan dengan headline "Tips Membeli iPhone 5" yang sangat biasa ini, tentu orang-orang akan lebih memilih yang membuat penasaran.

Memberi Solusi atau Manfaat

Hal yang paling penting dalam membuat headline, yaitu pembaca merasa apa yang disampaikan pada tulisan sangat bermanfaat. Dengan begitu, pembaca juga akan tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Contoh:

- "PC Aman dalam 10 Menit. Tanpa proteksi, PC bisa jatuh ke tangan mafia internet"
- "A New Way to Be Creative"

Headline di atas menggambarkan solusi dan manfaat jika menggunakan layanan dari produsen tersebut.

Kontroversial

Headline yang mengandung kata-kata kontroversi biasanya lebih mudah membuat pembaca tertarik. Namun, jangan sampai mengandung kata-kata yang menghina siapa pun, hanya sebatas kata-kata pemancing saja. Jika sering melihat Youtube dengan judul dan thumbnail yang nyeleneh, seperti itulah headline berbau kontroversi, hanya sebatas clickbait.

Contoh:

- "Youtuber A melakukan hubungan panas dengan wanita B"

Ternyata ketika video diputar isinya hanya kegiatan antara Youtuber A dan wanita B yang sedang memasak makanan.

Bagaimana ? Sejauh ini sudah paham dengan 5 Cara Membuat Headline yang Mudah dan Menarik ? Jika masih bingung, bisa komentar pada kolom komentar atau hubungi kami. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian.

referensi: blog.upbisnis.com/panduan-lengkap-copywriting/

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More