5 Tips Terhindar Dari Serangan Cyber

Cybercrime atau kejahatan di dunia maya menjadi ancaman seruis bagi netizen tak terkecuali di Indonesia. Tak sedikit pengguna internet yang dirugikan baik dari segi privasi ataupun materi. Catatan dari Menkominfo, ada sekitar 36 juta serangan cyber di Indonesia dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Indonesia juga masuk dalam daftar serangan Malware terbesar di Dunia.

Ada beberapa faktor mengapa kita bisa mendapatkan serang Cyber, selain sistem security yang masih lemah, kebiasaan menggunakan internet juga harus kita rubah. Sama halnya seperti saat kita mau meninggalkan rumah, biasanya kita selalu memastika semua pintu sudah terkunci dengan baik. Nah, hal inilah yang juga mesti diterapkan saat menggunakan internet.

Berikut 5 tips agar kita terhindar dari serangan Cyber.

1. Berfikir sebelum meng-klik

Orang pandai tidak akan meng-klik sembarang apa dia lihat di internet. Menurut data Intel security, 95 persen kasus cyber tahun 2013 dikarenakan oleh tidak sadarnya pengguna untuk meng-klik berbagai tautan yang muncul di internet. Oleh karenanya dihimbau agar kita harus menerapkan "Stop, Think, Connect!", artinya pengguna jangan terburu-buru mengklik sebuah tautan, perhatikan dengan benar dan seksama apakah aman atau tidak.

2. Menggunakan HTTPS

Menurut Intel Security, alamat situs "HTTPS://" jauh lebih aman dan cepat dibandingkan "HTTP://". Alamat situs berawalan 'HTTPS://' telah dilengkapi dengan fitur keamanan enkripsi.

3. Gunakan Manajemen Password Password adalah sesuatu yang sangat vital. Jangan sekali-kali menggunakan password yang mudah diingat, kita tidak perlu mengingat password yang kita gunakan. Sekarang ada Software Managemen Password yang bisa digunakan untuk menyimpan password dengan aman.

4. Otentikasi 2 langkah

Otentikasi 2 langkah sudah cukup sering digunakan, khususnya banyak digunakan pada layanan perbankan. Sistem ini sangat aman, selain diminta untuk memasukan password, user/member juga akan dikirimkan kode akses bisa melalui nomor telepon atau email.

5. Gunakan VPN

Virtual private network (VPN) adalah salah satu elemen penting dalam proses pengaman dari kejahatan cyber. Kita tak perlu terus-menerus menggunakan VPN, ada waktu yang tepat kapan harus menggunakannya. Salah satu saat yang paling tepat adalah ketika kita menggunakan jaringan internet publik. Seperti Wi-Fi gratis di berbagai tempat umum.

16 April 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat