5 Tips Cara Meningkatkan Pengunjung Di Website Kita

Menciptakan sebuah Konten yang baik bagi pengguna web adalah sebuah tantangan buat kita para Programmer, tetapi tantangan yang lebih sulit adalah membuat pengunjung terlibat atau berinteraksi dengan website kita. Tujuan seseorang membuat website adalah untuk berbagi informasi dengan orang lain, untuk mewujudkan tujuan tersebut kita sebagai seorang Programmer harus benar-benar membuat sebuah website yang memudahkan orang lain untuk mencari informasi yang mereka inginkan di website kita. Nah satu hal lagi yang perlu kalian perhatikan untuk meningkatkan pengunjung di website kalian adalah kalian harus memastikan pengunjung senang dengan design situs website yang kalian buat, karena dengan design website yang bagus, rapih, dan bersih memastikan pengunjung untuk tinggal lebih lama lagi di website kita dan memastikan pengunjung akan membuka website kita kembali di lain hari.

Dalam kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips buat teman-teman DUMET School semua yaitu, 5 tips untuk meningkatkan pengunjung di website kita. Tips yang pertama yaitu.

Penggunaan Font

Tips yang pertama yang harus teman-teman perhatikan adalah penggunaan font untuk website teman-teman, gunakan jenis font yang standart seperti Arial, perhatikan juga size fontnya, dan jarak spasi nya. Pastikan pengunjung dapat membaca dengan mudah artikel yang ada di website teman-teman. Selain itu, teman-teman juga harus pintar untuk menata letak penempatan banner iklan, dan slider, pastikan banner iklan dan slider tidak mengganggu perhatian pengunjung pada isi konten yang ada di website teman-teman.

Design Parallax

Design parallax adalah beberapa elemen desain yang bergerak secara individual saat kalian menscroll halaman web. Tujuan utama dengan adanya design parallax pada halaman website kalian adalah, untuk memvisualisasikan pesan yang kalian sampaikan ke pengunjung. Dengan kata lain, ini akan membantu kalian untuk menceritakan sebuah kisah tentang produk dan jasa yang ada di website kalian.

Pastikan Web Kalian Loading nya Cepat

Jika situs atau web kalian terlalu lama dalam proses loading nya, sudah pasti pengunjung akan langsung meninggalkan situs atau web kalian, karena tidak ada orang yang memiliki kesabaran untuk menunggu hal tersebut. Menurut pengamatan yang di kumpulkan oleh HTTP Archive di bulan September 2014, rata-rata ukuran halaman web adalah 1.89MB, dan sekitar 63,3% nya adalah ukuran gambar yang ada di halaman web kita. Berikut adalah diagram nya.

 Jadi, jumlah foto atau gambar yang ada pada halaman website itu sangat mempengaruhi kecepatan loading sebuah website. Maka dari itu kalian harus benar-benar mengoptimalkan atau mengkompres ukuran gambar yang ada pada halaman website kalian sekecil mungkin. Untuk mengatasi masalah ukuran gambar yang terlalu besar, kalian dapat menggunakan Software Adobe Photoshop untuk merubah ukuran gambar tersebut menjadi lebih kecil dan untuk proses menyimpan gambarnya di photoshop, kalian bisa gunakan fungsi save for web yang ada pada menu file di photoshop, dengan menggunakan save for web memungkinkan kalian untuk memperkecil ukuran gambar tersebut dan tidak membuat kualitas gambar berkurang.

Selain menggunakan adobe photoshop, ada banyak orang-orang baik yang sudah membuat tool online untuk mengecilkan ukuran gambar tanpa mengurangi kualitasnya, contohnya seperti, Smush.it dari Yahoo.

Gunakan Icon

Biasanya kita perlu banyak menggunakan teks untuk menjelaskan segala sesuatunya yang ada di situs kita, seperti situs yang memiliki banyak informasi, hal tersebut menjadi sebuah tantangan untuk para desainer dalam menyajikan kata-kata yang mudah di mengerti oleh pengunjung. Dengan menggunakan Icon, kalian dapat membantu pengunjung untuk menemukan apa yang mereka cari dengan mudah. Jadi gunakan lah Icon yang dapat memudahkan pengunjung dalam mencari informasi yang ada di website kalian.

Design Responsive

Seperti yang sudah kita ketahui, sekarang sudah banyak orang mengakses internet melalui perangkat mobile, jadi pastikan website kalian dapat tampil di semua ukuran layar apapun. Design Responsive tidak hanya tentang tata letaknya saja, tetapi tentang isi konten nya juga, jadi pastikan isi konten nya pun dapat menyesuaikan ukuran layarnya. Banyak orang tidak punya banyak waktu untuk membaca paragraf yang panjang dan ukuran font yang kecil jika mereka mengakses internet menggunakan mobile, jadi pastikan semua teks pada halaman web kalian memiliki ukuran yang nyaman untuk di baca oleh pengunjung.

Kesimpulan

Hal-hal yang saya jelaskan di atas selalu terjadi dalam design web dan kalian harus mempertimbangkan hal-hal tersebut dalam menciptakan proyek web berikutnya. Pastikan web kalian dinamis, cepat, dan membuat pengunjung terlibat dengan isi konten web kalian. Dengan cara itu mungkin kalian bisa meningkatkan penjualan kalian.

22 Januari 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat