5 Plugin Terbaik Untuk Adobe Illustrator

12/03/2015    Faizal Rafik    6635     Desain

Seperti yang kita ketahui Adobe Illustrator adalah aplikasi yang paling popular untuk membuat grafik vector selama bertahun-tahun, dan seperti halnya banyak tools yang kuat, yang selalu dapat membantu kita dalam berkarya atau memproduksi Design dalam Adobe Illustrator. Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi 5 Plugin Productivity Terbaik Untuk Adobe Illustrator. Dengan menggunakan bantuan plugin ini kita dapat mempercepat alur kerja kita dalam mengerjakan proyek-proyek tersebut. Plugin-plugin Adobe Illustrator ini ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Oke kita langsung masuk ke Plugin yang pertama ya teman-teman.

Vector Scribe 2

Vector Scribe 2 di buat oleh seorang yang bernama Astute Graphics. Di dalam plugin Vector Scribe 2 ini kalian akan melihat tools-tools baru yang ada di dalam illustrator dan fungsi plugin ini juga untuk meningkatkan fitur-fitur Illustrator yang ada, sekaligus memperkuat pengembangan proyek yang sedang kalian kerjakan. Fitur-fitur baru yang ada di plugin Vector Scribe 2 ini adalah :

Smart Remove Brush Tools : Fungsi dari tools ini adalah untuk menghapus secara otomatis anchor point dengan cara menggerakan mouse di atasnya.

Path Extend : Path Extend berfungsi untuk mengedit garis Paths seperti memperpanjang atau mengurangi garis tersebut dengan presisi yang sangat tinggi.

Dynamic Corners Tool : Fungsi Tools ini adalah untuk mengubah sudut persegi yang bulat atau rounded dengan control yang terbatas.

Dynamic Shapes Tool : Berfungsi untuk membuat bentuk secara umum seperti bentuk kotak, lingkaran, bintang, dan memungkinkan kalian untuk mengontrol jumlah point atau memodifikasi bentuknya.

Dynamic Measure Tool : Tool ini berfungsi untuk melakukan pengukuran yang sangat tepat dari panjang atau sudut dalam satuan ukuran yang berbeda.

Protractor : Tool ini sangat sederhana sekali namun bermanfaat untuk kalian menentukan sudut Custom pada gambar yang ingin kalian edit.

Plugin Vector Scribe 2 ini memungkinkan kalian mengotomatisasi banyak proses yang selalu di lakukan oleh tangan. Harga dari Plugin Vector Scribe 2 ini adalah $79.

Select Menu

Select Menu adalah plugin yang dapat menghemat waktu kalian dalam mengerjakan proyek-proyek di dalam adobe illustrator. Plugin ini di buat oleh seorang yang bernama Rick Johnson. Rick Johnson ini menambahkan 18 fungsi tambahan untuk pilihan menu dropdown yang tidak termasuk dalam versi Adobe Illustrator. Mungkin pada awal saat menggunakan plugin ini kalian akan sedikit kebingungan karena mungkin tidak sepenuhnya jelas bagi kalian apa jenis seleksi yang hilang dari pengaturan Standart Adobe Illustrator, namun pada kenyataanya Select Menu pasti akan menghemat banyak waktu kalian. Plugin ini gratis jadi kalian bebas mendownloadnya sesuka kalian.

Concatenate

Plugin berikutnya adalah Concatenate, plugin ini di buat oleh Rick Johnson sama seperti plugin sebelumnya. Fungsi dari plugin ini adalah untuk menghubungkan dua atau lebih Paths yang berbeda menjadi satu. Plugin ini juga kalian bisa download dengan gratis.

Magic Exporter

Magic Exporter adalah sebuah plugin yang di kembangkan oleh Jeremy Marchand dengan tujuan menyederhanakan proses ekspor karya seni dari Illustrator ke file web. Dengan menggunakan plugin ini memungkinkan kalian untuk cepat mengekspor hanya pada komponen atau dokumen atau file yang kalian inginkan, kalian tinggal menandai objek yang kalian butuhkan dean mengekspornya menggunakan menu khusus yang ada di plugin ini.

Selain itu plugin ini berfungsi untuk menghasilkan grafis dalam berbagai perangkat dengan ukuran layar yang berbeda. Magic Exportet memiliki fitur penting yang memungkinkan kalian untuk secara otomatis membuat beberapa Salinan PNG dari objek yang sama skala untuk ukuran layar. Plugin ini di bandrol dengan harga $25, Dan biasanya plugin ini di gunakan untuk membuat design UI Website menggunakan Adobe Illustrator.

SymmetryWorks

Dalam menghasilkan pola persegi panjang sederhana berbasis Illustrator biasannya relative mudah, tetapi penciptaan pola yang lebih kompleks biasanya menjadi satu bagian hal yang paling sulit jika kalian tidak memiliki tools yang tepat.

Dengan plugin SymmetryWorks kalian hanya perlu membuat sebuah objek dan menggunakan Plugin untuk menentukan jenis pola yang dapat menyesuaikan. Dan kalian juga dapat menentukan apakah unsur utama yang harus di ulang dengan simentri tertentu atau tanpa logika apapun, dan kalian bisa langsung mengedit pola tersebut. Tetapi harga plugin ini cukup mahal yaitu $364.

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More