5 Cara untuk Membuat Desain WordPress Terlihat Profesional

05/05/2015    Aulia Rahmah Alhafidz    21231     Website

Jika kita bukan seorang web desainer, tentu akan sulit untuk kita menentukan mana desain website yang bagus dan enak dipandang orang. Sekalipun kita melihatnya sudah bagus, namun seorang web desainer punya penglihatannya tersendiri. Ada banyak cara yang bisa digunakan jika kita ingin membuat desain website yang menarik meskipun kita bukan seorang web desainer. Kali ini, akan saya share Cara Membuat Desain WordPress "Terlihat" Profesional.

1. Pilih Template Premium

Ada begitu banyak template gratis yang layak pakai di luar sana, tapi untuk benar-benar membuat desain website yang terlihat profesional, mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus menggunakan template premium. Template Premium biasanya support oleh developer, sehingga saat kita kebingungan ketika sedang menggunakan template, kita bisa bertanya dan biasanya akan ada respon. Selain itu, template premium biasanya penggunaan HTML CSS-nya rapi. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya error.

Berikut ini adalah beberapa website yang banyak menjual template premium :

Saat ini banyak desain website yang responsive, oleh karena itu sangat disarankan untuk memilih desain template yang responsive. Sehingga saat pengunjung sedang membuka halaman website kita menggunakan gadget apapun, desain akan tetap terlihat rapi dan cantik.

2. Pilih Paduan Warna yang Serasi

Ini merupakan salah satu hal yang penting untuk menentukan paduan warna yang pas dan serasi. Dengan adanya warna ini, bisa dijadikan sebagai identitas website kita. Seperti contohnya : Facebook berwarna biru, YouTube berwarna Merah, Starbucks berwarna hijau, dan lain-lain.

Selain bisa memilih warna sesuai dengan warna favorit, kita bisa memulainya dengan melihat website lain sebagai inspirasi warna website kita.

Ada banyak website yang menyediakan inspirasi paduan warna untuk website. Untuk melihatnya, silakan lihat artikel ini.

3. Gunakan Desain Logo yang Profesional

Secara visual, logo merupakan hal yang penting juga untuk website. Logo, selain sebagai identitas untuk website kita, logo juga bisa menjadi sebuah alat untuk membedakan 1 website dengan website lainnya. Jika kamu cukup bagus dalam membuat logo, tak ada salahnya untuk membuat sendiri logo untuk websitemu. Tapi, jika tidak bisa membuatnya, mau tak mau lebih baik kita meminta dibuatkan ke seseorang yang lebih ahli atau mungkin bisa membelinya di website yang menjual logo seperti Fiverr, 99designs, dll.

4. Desain Juga Social Mediamu

Mungkin ini salah satu hal yang jarang diperhatikan, ternyata penting juga untuk mendesain social mediamu. Supaya orang bisa melihat kita konsisten dalam desain yang ada. Sebagai contoh, kita bisa merubah Foto Profil social media kita menjadi Logo Website dan Cover Photo bisa dibuat sendiri berdasarkan website yang dimiliki.

Berikut contoh Social Media yang dimiliki Google.

5-Cara-untuk-Membuat-Desain-WordPress-Terlihat-Profesional-Google-Facebook-Design

(facebook)

5-Cara-untuk-Membuat-Desain-WordPress-Terlihat-Profesional-Google-Twitter-Design

(twitter)

5-Cara-untuk-Membuat-Desain-WordPress-Terlihat-Profesional-Google-Twitter-Design

(google+)


5. Gunakan Favicon

Ada beberapa alasan mengapa favicon juga penting untuk membuat website terlihat profesional. Berikut beberapa alasannya :

  • Menjadi brand untuk websitemu. Seperti logo yang dijadikan favicon.
  • Memberikan penampilan desain yang lengkap.
  • Menunjukkan bahwa kita memperhatikan hal-hal kecil,
  • Mudah untuk mengidentifikasi website dalam list favorit.

untuk poin terakhir, bisa dipahami dalam kasus berikut. Ketika seseorang sedang membuka banyak tab di browser, dan ingin membuka salah satu website yang sudah dibuka, apa yang pertama kali dilihat? Tentu saja favicon.

5-Cara-untuk-Membuat-Desain-WordPress-Terlihat-Profesional-Favicon

Seperti yang sudah dilihat, cara yang digunakan sangat mudah dan sederhana ya. Semoga bermanfaat :)

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More