4 Aturan Yang Harus Diketahui Tentang Logo dan Merek Dagang WordPress

WordPress merupakan salah satu CMS yang berkembang dengan sangat cepat dan banyak dipergunakan entah untuk pribadi ataupun bisnis. Dimana beberapa perusahaan ataupun perorangan akan mendapatkan jutaan dengan menawarkan produk dan layanan berbasis WordPress. Karena permintaannya yang tinggi, bisnis baru tentang WordPress selalu dimulai setiap harinya. Jika Anda seorang Freelancer, dan sedang berencana untuk memulai bisnis menggunakan WordPress, maka disini ada 4 Aturan Yang Harus Diketahui Tentang Logo dan Merek Dagang WordPress.

1. Penulisan WordPress (W dan P menggunakan huruf kapital)

Sangat simpel memang, namun cara yang benar untuk mengeja WordPress adalah dengan huruf P yang kapital. Terkadang kita mengetikkan "Wordpress" hanya W saja yang kapital, namun ternyata, P-nya harus kapital juga. Bahkan WordPress memiliki built-in-filter yang disebut capital_P_dangit() yang akan bekerja secara otomatis untuk mengoreksi salah eja kata WordPress dalam judul, isi dan kutipan.

Jika Anda menyebutkan kata WordPress dimana saja, maka pastikan bahwa Anda menggunakan ejaan yang benar.

2. Tidak Menggunakan Kata WordPress di Nama Domain Anda

WordPress adalah open source software yang dilisensikan GPL. Namun, nama WordPress itu sendiri adalah merek dagang  terdaftar yang dimiliki oleh WordPress Foundation, sebuah organisasi non-profit yang didirikan oleh pendiri WordPress, Matt Mullenweg.

Tujuan dari yayasan ini adalah untuk melindungi WordPress. Sama seperti merek dagang terdaftar yang lain, WordPress Foundation mempunyai hak eksklusif penggunaan nama untuk WordPress. Ini berarti Anda tidak dapat menggunakan WordPress sebagai bagian dari nama merek atau website Anda. Pembatasan ini juga termasuk nama domain. Sebagai contoh :

BelajarWordPress.domain salah!

BelajarWP.domain betul!

Karena itu, Anda dapat menggunakan WordPress di subdomain seperti :

wordpress.belajarWP.domain

Jika Anda melihat seseorang menggunakan WordPress dalam nama domain atau nama merek, maka Anda harus menghubungi WordPress Foundation dan memberitahu mereka bahwa itu sebuah pelanggaran.

3. Logo WordPress

Logo WordPress terdiri dari huruf W dalam lingkaran abu-abu atau kadang-kadnag putih dengan cincin berwarna abu-abu di sekitarnya. Ketinggian huruf W tinggi dan anggun. Blogger dan pemilik situs web terkadang keliru dengan menggunakan logo tiruan yang biasanya menggunakan huruf W yang pendek. Lihat gambar di bawah ini untuk melihat perbedaannya :

4-Aturan-Yang-Harus-Diketahui-Tentang-Logo-dan-Merk-Dagang-WordPress

Pastikan Anda menggunakan logo WordPress yang benar dalam proyek Anda. Anda dapat menemukan beberapa contoh logo WordPress di sini. Anda dapat men-download gambar-gambar tersebut dan menggunakannya dalam proyek Anda. Dan pastikan bahwa Anda menggunakannya sesuai dengan kebijakan merek dagang WordPress.

4. Warna WordPress

Bila menggunakan logo WordPress dalam karya seni Anda, disarankan Anda menggunakan palet warna WordPress yang resmi.

4-Aturan-Yang-Harus-Diketahui-Tentang-Logo-dan-Merk-Dagang-WordPress

Lebih lengkapnya lihat di sini.

Semoga bermanfaat ya :)

30 Januari 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat