10 Macam Backlink yang Perlu Kalian Ketahui Untuk Optimasi Website

13/05/2019    Surya Chandra Gobel    124     Marketing

Untuk optimasi website tidak semudah yang kalian bayangkan, tidak hanya dengan satu jenis backlink saja, tetapi harus ada variasi. Jika diibaratkan sama halnya dengan tubuh manusia, kita tidak mungkin hanya memakan satu jenis makanan saja, karena kita butuh vitamin atau zat lainnya. Hal ini supaya website yang kita miliki tidak kurus atau supaya penuh gizi. Nah, berikut ini 10 Macam Backlink yang Perlu Kalian Ketahui Untuk Optimasi Website.

Contextual Backlink

Biasanya untuk mendapatkan backlink dari jenis ini hanya cukup membuat artikel atau post saja, yang mana di dalamnya kita sisipkan link yang mengarah ke halaman website kita. Kita hanya perlu mencari website yang menyediakan CMS (Content Management System). Contoh website yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan backlink atau membangun backlink, yaitu seperti Blogspot, Wordpress, Kaskus, dll.

Blog Comment Backlink

Jenis backlink yang satu ini sangat mudah didapatkan, hanya mencari website yang mempunyai artikel yang di bawahnya ada kolom komentar, kita bisa langsung meletakkan link website kita di sana. Namun, perlu diketahui, tidak semua website, artikelnya bisa kita komentari, kita harus mencari website dengan tema sejenis atau relevan dengan website milik kita. Kemudian website yang ingin kita komentari tersebut harus mempunyai otoritas yang tinggi, low outbond link (sedikit orang yang ikut komentar di sana) dan bersifat dofollow. Jika website tersebut masih bernilai rendah, lebih baik digunakan untuk website dummy kita saja (Tier 1), jangan langsung backlink ke halaman website utama kita.

Link Profile Backlink

Jenis backlink ini juga mudah untuk mendapatkannya, biasanya terdapat pada social media atau akun tempat kita mendaftar di sebuah website komunitas. Kita hanya perlu mengisi biodata yang ada pada setting profile, di sana biasanya akan ada kolom untuk mengisi link website. Dengan begitu, kita sudah mendapatkan backlink dari profile.

Social Bookmark Backlink

Jenis yang satu ini adalah yang paling populer di antara semua jenis yang digunakan untuk mendapatkan backlink. Dari namanya saja kita sudah langsung paham, bahwa backlink yang satu ini, yaitu tempat untuk menandai atau menyimpan banyak list website. Karena banyaknya pengguna yang tau, membuat social bookmarking menjadi lahan untuk spam backlink. Akibatnya, syarat untuk bisa menggunakan atau mendapatkan backlink dari website seperti ini menjadi lebih merepotkan.


Blogroll Backlink

Dulu, teknik seperti ini banyak digunakan oleh para pencari backlink. Cara membuat backlink seperti ini juga mudah, hanya menaruh link halaman website yang sudah di-list pada bagian sidebar. Namun, sekarang sudah banyak ditinggalkan, karena website zaman sekarang harus terlihat bersih dari widget-widget yang tidak perlu.

Document Sharing Backlink

Website document sharing merupakan tempat penampung banyak dokumen seperti word, pdf, powerpoint, excel, dll. Cara mendapatkan backlink dari website seperti ini juga sangat mudah. Jika kalian punya artikel dari website tier 1 atau artikel dari website utama yang sudah dimodifikasi ketika dibuat pada dokumen, maka jangan lupa sisipkan link website kalian pada dokumen tersebut. Setelah kalian selesai membuat dokumen, langsung saja upload dokumen tersebut dan nanti tinggal lihat efek dari backlink ini.

Image Sharing Backlink

Sama dengan website document sharing, jika ingin mendapatkan backlink dari website jenis ini, kalian hanya perlu upload foto atau gambar, lalu ketika ada opsi membuat deskripsi singkat, bisa langsung meletakkan link website kalian di sana. Terkadang kita juga bisa meletakkan link di kolom komentar jika disediakan oleh website seperti ini.

Social Media Backlink

Untuk mendapatkan backlink dari social media, ada banyak cara. Kalian bisa mendapatkan backlink jika meletakkan link website pada biografi, bisa dengan cara share link website kalian di beranda atau bisa dengan cara membuat note. Namun, kebanyakan website social media membuat website mereka menjadi nofollow dan biasanya backlink yang didapatkan hanya hasil redirect saja.

Guestbook Backlink

Backlink jenis ini hampir sama dengan blog comment, tetapi letak guestbook ada di mana-mana atau hampir di seluruh halaman. Dulu bisa seperti itu, tetapi sekarang ini letak guestbook berada di halaman seperti "contact us". Boleh saja mendapat backlink dari website yang masih ada guestbook, tetapi jangan lupa cari yang masih sedikit spam link di sana.

Footer Backlink

Cara ini bisa kalian lakukan, jika kalian adalah jasa pembuat theme atau jasa pembuat website. Kalian bisa meletakkan link website kalian di footer website lain yang kalian buat. Dengan catatan website yang sudah jadi tersebut atau theme yang dipakai tersebut websitenya dioptimasi juga. Sekarang sudah jarang yang membuat backlink seperti itu, karena kurang efektif, apalagi jika kalian mempunyai banyak website yang ingin dioptimasi.

Catatan:

Perlu diingat, jika macam-macam backlink di atas tidak mempunyai nilai yang tinggi dan banyak penggunanya, lebih baik backlink hanya dibuat untuk tier 1, bukan untuk website utama atau money site. Urutan link building dimulai dari money site, tier 1, tier 2 dan seterusnya.

Itulah 10 Macam Backlink yang Perlu Kalian Ketahui Untuk Optimasi Website. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian. Terimakasih telah berkunjung ke halaman ini.

referensi: www.anjrahweb.com/tutorial-seo/macam-macam-backlink-yang-bagus-dan-aman-untuk-blog-atau-toko-online/

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More