10 Istilah Yang Banyak Orang Salah Dalam Pengucapan

12/03/2017    Reza Indra    1583     Teknologi

Hal tersulit dalam belajar bahasa inggris adalah kita dituntut harus benar dalam pengucapan setiap kata atau biasa disebut "pronunciation", karena dalam bahasa, inggris beda tulisan beda pula pengucapan. Nah, ternyata dalam dunia teknologi pun banyak orang yang tidak sadar selama ini salah mengucapkan istilah-istilah atau nama brand tertentu, yang memang istilah tersebut tidak ada dalam kamus bahasa inggris. Tapi karena sudah menjadi kebiasaan banyak orang, sah-sah saja kalau kita juga mengikutinya. Berikut adalah 10 istilah yang banyak orang salah dalam pengucapan.

1. GIF

Bahkan, banyak orang yang berdebat dalam mengucapkan kata simple ini. Kebanyakan orang mengucapkan sesuai dengan tulisannya yakni "gif", namun yang benar adalah "jif".

2. Xiaomi

Xiaomi tentu diambil dari bahasa China, jadi yang benar-benar tahu cara pengucapannya adalah orang asli negara tirai bambu. Selama ini banyak orang mengucapkan "zi-o-mi" atau "zi-ao-mi", namun yang benar adalah "sha-o-mee".

3. Huawei

Sama dengan Xiaomi, Huawei adalah merk smartphone terbesar yang berasal dari China. Ternyata banyak orang salah dalam mengucapkan nama brand tersebut. Selama ini orang-orang mengucapkan kata "hua-way" atau "hua-wei", namun yang paling benar adalah "wah-way".

4. OS X

OS X adalah sistem operasi terpopuler ke dua di dunia setelah Windows, namun banyak juga orang yang bingung dengan maksud X dari OS X. X itu adalah angka bilangan romawi yang berarti 10. Selama ini banyak orang mengucapkan "ou-es ex", namun yang paling benar adalah "ou-es ten".

5. ASUS

ASUS adalah perusahaan komputer PC terbesar ke empat di dunia. Banyak orang salah dalam pengucapan nama brand tersebut, selama ini kita sering mengucapkan "a-su-ss", padalah yang benar adalah "a-seuss" atau "eh-sus".

6. Meme

Siapa yang tidak tahu istilah ini, Meme telah menjadi trend sejak media sosial menjamur. Jika dilihat dari komposisi kata, memang sangat simple, namun banyak orang salah dalam mengucapkannya, cara pengucapan yang benar adalah "meem" bukan "me-me", percaya gak?

7. Cache

Istilah Cache memang agak teknikal, merupakan rekam history yang tersimpan di dalam browser web. Cara pengucapan yang benar untuk istilah ini adalah "cash", bukan "kech" atau "key-shey".

8. Ubuntu

Ubuntu adalah sistem operasi berbasis Linux paling populer, untuk smartphone, tablet dan komputer. Banyak orang yang salah dalam pengucapan brand ini, antara "you-bun-too" atau "oo-bun-too", yang benar adalah "oo-bun-too". Tapi orang Indonesia kebanyakan bilang "ubuntu", sama persis dengan apa yang ditulis.

9. Adobe

Banyak orang sudah familiar dengan nama yang satu ini, baik orang yang bekerja di teknologi industri ataupun yang bukan. Adobe adalah perusahaan software yang terkenal dengan Adobe Photoshop nya. Orang-orang sering mengucapkan nama Adobe dengan "a-dobb", namun yang benar adalah "ado-bee".

10. Router

Router adalah salah satu komponen yang digunakan dalam dunia jaringan komputer. Kebanyakan orang mengucapkan Router menjadi "rowter" atau "rooter". Kedua-duanya memang tidak salah, tapi itu berlaku untuk inggris amerika (US English), kalau dalam British English yang benar hanya "rooter", bukan "rowter".

Itulah sedikit informasi mengenai cara pengucapan istilah-istilah teknologi yang benar, semoga dapat memperluas wawasan kita.

Artikel, Inspirasi, IT

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More