10 Cara Membuat Website Menjadi Lebih Profesional

Seseorang atau sebuah perusahaan mempunyai website, pasti karena ada suatu alasan. Semua orang pasti akan membuat websitenya menjadi sangat menarik agar mendapatkan kesan baik dari pengunjung yang berkunjung ke website tersebut. Portofolio pada sebuah website akan menunjukan seberapa profesional Anda. Jika Anda mempunyai jasa, mereka tidak akan ragu untuk menggunakan jasa yang Anda miliki. Inti dari membuat website adalah untuk mempromosikan diri atau jasa yang Anda miliki.

Lalu bagaimana cara membuat sebuah website yang terlihat profesional ? Berikut ini saya merangkum beberapa hal penting, supaya Anda dapat dengan mudah membangun website profesional.

1. Logo

logo

Jika Anda ingin berbelanja atau ke tempat makan, pasti yang kalian lihat pertama kali adalah logo atau bentuk tempat tersebut. Logo sangat penting untuk menunjukkan identitas jasa atau produk yang Anda jual. Website pun memerlukan logo untuk menjadi pembeda dan ciri khas dari website tersebut. Oleh karena itu, sangat penting membuat logo agar orang-orang dapat terus mengingat website milik Anda.

2. Tagline

tagline

Tagline sama dengan slogan atau deskripsi yang menjelaskan tujuan dari website Anda. Buatlah tagline sesimpel dan sesingkat mungkin agar orang-orang dapat dengan mudah mengingat website Anda.

3. Portfolio

portofolio

Seperti yang sudah saya katakan di awal, portofolio sangat penting untuk menunjukkan siapa Anda dan apa saja yang pernah Anda lakukan selama ini, berapa banyak project dan skill yang Anda miliki. Pengunjung harus dapat dengan mudah mengakses website Anda yang penuh dengan portofolio. Portofolio pada website Anda bisa berupa sebuah artikel yang dipenuhi dengan berbagai desain gambar dan screenshot project yang pernah Anda kerjakan.

4. Service

service

Mungkin tagline hanya untuk pemanis di awal pengunjung mengunjungi website Anda. Selanjutnya Anda perlu menjelaskan sedikit lebih detail tentang layanan yang akan Anda berikan supaya orang-orang tidak perlu menerka-nerka apa yang Anda lakukan berdasarkan pada portofolio. Untuk menjelaskan layanan yang Anda berikan bisa dengan cara membuat video editing, copywriting dan lainnya.

5. About

about

Jika portofolio menjelaskan tentang skill dan project yang pernah Anda kerjakan. Pada menu about Anda perlu menjelaskan siapa diri Anda dari masa lalu sampai sekarang yang sekiranya penting, mulai dari latar belakang Anda, dari mana Anda berasal, berapa lama pengalaman Anda menggeluti dunia yang saat ini sedang Anda jalani. Dengan begitu, kepercayaan orang-orang kepada Anda akan meningkat. Prestasi layak Anda sebarkan agar orang-orang tau, jika Anda orang yang berkompeten.

6. Contact

contact

Portofolio sudah, tentang diri Anda sudah diperkenalkan, selanjutnya yaitu contact Anda. Bagaimana bisa pengunjung website Anda ingin menggunakan jasa Anda, tetapi tidak ada yang bisa dihubungi ? Anda perlu mencatumkan nomor telepon, alamat email dan apa saja yang bisa menghubungi Anda pada website milik Anda.

7. Blog

blog

Menulis adalah salah satu kegiatan yang bagus untuk Anda agar bisa menceritakan berbagai macam informasi yang pernah Anda dapat. Selain itu, website Anda yang penuh dengan artikel di blog akan meningkatkan reputasi di hasil pencarian Google. Hal ini juga membantu supaya orang-orang yang berkunjung ke website Anda mengetahui seberapa update Anda pada website milik Anda.

8. Call to Action

call to action

Buatlah sebuah kata atau gambar yang jika ada orang membacanya, mereka akan tertarik untuk klik ke halaman selanjutnya. Contoh sedikit kata-katanya "Anda ingin cepat menghasilkan uang dari website Anda ? buka link berikut ini". Anda bisa membuatnya lebih menonjol di setiap halaman. Hal ini juga dapat membuat website Anda jauh dari kata "Bounce Rate" yaitu pengunjung tidak cepat meninggalkan halaman website Anda yang tentunya sangat jelek di mata mesin pencari seperti Google.

9. Use Social Networking Websites

social media

Biasanya pengunjung akan lebih tertarik dengan pemilik website yang sering update selain di websitenya, tetapi juga di akun social media atau social networking miliknya. Pengunjung akan menjadi follower Anda dan bisa memberikan kesan positif atau testimoni yang sangat berguna untuk kemajuan Anda selanjutnya.

10. Language and Communication

communication

Dengan bahasa semua orang dapat bersatu, ini adalah hal yang memang benar-benar terjadi. Selain itu, komunikasi yang baik akan menunjukkan seberapa profesionalnya diri Anda. Anda perlu berkomunikasi dengan lancar, bahasa yang baik, tidak bertele-tele, simpel, jelas dan padat. Karena sekali pelanggan mendapatkan kesan baik dari Anda, maka mereka akan terus-menerus menggunakan jasa Anda.

Oke, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk Anda semua.

7 Februari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat