10 Packages Atom Yang Wajib Kamu Instal

22/10/2016    Reza Indra    17756     Website

Ada 5.125 packages yang saat ini tersedia untuk Atom. Dari ribuan package tersebut, membuat kita bingung mana package yang paling bagus dan dibutuhkan untuk Web Development. Nah, dalam artikel ini saya akan membahas 10 packages Atom yang wajib web developer instal. Package apa saja? ini dia, cekidot!

1. Emmet - https://atom.io/packages/emmet

Emmet adalah package yang sangat wajib kita instal. Dengan Emmet, kita bisa membuat tag HTML dengan super cepat. Hanya dengan menulis rumus singkat, kita bisa men-generate tag HTML untuk membuat kerangka website.

2. HTML Preview - https://atom.io/packages/atom-html-preview

Dengan HTML preview, kita tidak usah membuka browser untuk menjalankan dokumen HTML. Kita dapat mem-preview-nya langsung dalam text editor Atom. Selain itu, HTML preview ini bersifat auto-reload, artinya kita tidak perlu mereload untuk me-refresh tampilan.

3. Color Picker - https://atom.io/packages/color-picker

Color Picker membantu kita memilih sample warna untuk CSS. Untuk shotcut-nya kamu tinggal tekan Alt+Ctrl+C/CMD+Shift+C maka color palette akan muncul.

4. File Icons - https://atom.io/packages/file-icons

File Icons akan mempercantik project manajer kita, file-file dalam folder project akan memiliki icon sesuai dengan jenis bahasa pemrogramannya. Tentunya dapat membantu kita agar tidak bingung melihat puluhan file.

5. JavaScript Snippets - https://atom.io/packages/javascript-snippets

JavaScript Snippets mirip seperti Emmet, berfungsi untuk mempercepat dalam menulis kode program yakni JavaScript. Caranya dengan mengetik shortcut dan tekan tab maka kode JavaScript langsung jadi. Tidak hanya JavaScript kita juga bisa menginstal Snippets lain seperti PHP Snippets, AngularJS Snippets atau React Snippets.

6. Atom Linter - https://atom.io/packages/linter

Atom linter berfungsi untuk mendeteksi kesalahan pengetikan (typo) dalam menulis kode JavaScript dan bahasa pemrograman lain.

7. Beauty - https://atom.io/packages/atom-beautify

Beauty berfungsi untuk merapihkan penulisan kode program yang kita buat sehingga lebih nyaman dilihat.

8. Minimap - https://atom.io/packages/minimap

Minimap yakni map kecil yang menampilkan seluruh kode program yang kita tulis dalam ukuran font yang sangat kecil. Tujuannya adalah memudahkan kita untuk men-scroll dokumen yang sudah kita ketik sampai ratusan atau ribuan baris.

9. Git Plus - https://atom.io/packages/git-plus

Karena Atom di-develop oleh tim dari GitHub, maka tidak mengherankan jika text editor ini sangat support terhadap GitHub. Git Plus akan memudahkan kamu menulis perintah-perintah Git tanpa membuka terminal/CMD.

10. Remote-Edit - https://atom.io/packages/remote-edit

Remote-Edit berfungsi untuk melakukan remote FTP atau SFTP, maksudnya kita bisa menulis kode program dalam dokumen yang sudah disimpan di hosting. Tinggal masukan hostname, port, username dan password maka FTP sudah tersambung.

Note: Package di atas adalah package yang saya pilih berdasarkan jumlah pengguna, kamu bisa memilih package-package lain yang sejenis yang tersedia dalam Atom packages.
 

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More