10 Fitur Baru Dalam Windows 10

04/08/2015    Reza Indra    3120     Teknologi

Perubahan antarmuka atau dikenal sebagai UI Modern pada Windows 8, dengan membuang "Start" menu menimbulkan banyak kejanggalan dan komplain dari para penggunanya. Menjadikan Windows 8 sebagai versi Windows dengan tingkat adopsi paling lambat dalam sejarahnya. Kini nampaknya semua mata sudah tertuju pada Windows 10 yang diharapkan bisa menambal kegagalan pada Windows 8.

Windows 10 dibangun untuk bekerja di berbagai perangkat, seperti telepon, tablet, TV, Xbox, serta dapat dipakai pada perangkat Microsoft sendiri, Hololens. Ada banyak perbaikan, fitur baru, antarmuka baru, dan browser baru yang sangat dibutuhkan.

Sekarang kita sudah bisa menggunakan Windows 10 untuk sementara waktu melalui program Windows Insider. Dan berikut adalah 10 fitur utama yang paling menarik dari Windows 10.

1. New Start Menu

Menu Start akhirnya kembali. Dengan perbaikan antarmuka modern dengan desain yang tampaknya seperti di Windows 7, menampilkan daftar aplikasi yang paling sering digunakan dan menu untuk menemukan semua aplikasi yang diinstal, yang diurutkan dalam urutan abjad.

Anda juga akan menemukan sebuah panel tambahan, mirip dengan Windows 8, dimana Anda dapat melakukan pin aplikasi favorit untuk dapat diakses cepat. Anda dapat menarik start menu untuk mengubah ukuran panel agar menampilkan lebih banyak aplikasi. Aplikasi dapat diatur dalam kelompok, dan ikon dapat diubah ukurannya dan ditetapkan menjadi statis atau dinamis.

2. New Window

File Explorer atau yang dikenal sebagai Windows Explorer memiliki Interface yang berbeda dan lebih segar. Beberapa jendela aplikasi bisa diberikan warna yang cocok sesuai identitas, dilengkapi dengan pengaturan mode gelap dan terang.



3. Multiple Desktops

Windows 10 dilengkapi dengan mode Multiple Desktops, fitur yang sudah ada di Linux dan OS X. Untuk membuat Desktop baru di Windows 10, klik icon Task View di taskbar atau tekan Windows + Tab. Kemudian, klik New Desktop tombol di bagian bawah kanan Task View. Anda dapat memiliki desktop dan mengelompokkan berdasarkan aplikasi yang berbeda. Anda dapat memindahkan aplikasi melalui Desktop dengan drag-and-drop.



4. Hey Cortana!

Cortana adalah fitur Microsoft yang mirip dengan Google Now. Cortana merupakan asisten pribadi sipengguna Windows 10. Cortana bisa membantu Anda mengelola tugas-tugas seperti mengatur jadwal, mengingatkan Anda tentang peristiwa penting, memberikan saran berdasarkan preferensi Anda, dan bahkan membalas email. Anda juga dapat mencari file, folder, dan aplikasi dengan banyak fitur. Cortana sama seperti Spotlight pada OS X.



5. Microsoft Edge

Microsoft Edge adalah browser bawaan Windows 10 yang dulu dikenal sebagai Project Spartan. Microsoft Edge merupakan penerus Internet Explorer yang sudah tidak dikembangkan lagi. Dari segi UI, bagian tepi memiliki desain yang lebih bagus dan antarmuka lebih ramping. Jendela memiliki dua mode warna, Light dan Dark, yang dapat diaktifkan melalui Settings.



Terintegrasi dengan Bing dan Cortana untuk memberikan pengalaman lebih interaktif. Saat Anda mengetik di address bar, Microsoft Edge akan menampilkan daftar saran kata kunci.

6. Action Center

Bagi Anda pengguna yang berasal dari Windows 7, sudah tidak asing dengan Action Center. Di Windows 7 Action Center hanya sebatas memberikan update komputer dan pemberitahuan jenis keamanan. Namun pada Windows 10, Action Center telah ditingkatkan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kita di era teknologi modern, dimana arus informasi seolah tak ada habisnya.



7. Universal Apps

Universal Apps adalah aplikasi umum yang sudah disediakan oleh Sistem Operasi misalnya Mail, Kalender, Kalkulator, Musik, dan Foto. Di Windows 10 kita bisa menambahkan aplikasi-aplikasi lain dari Windows Store.

8. Continuum

Continuum adalah fitur yang dirancang untuk perangkat hybrid, seperti Surface, yang memungkinkan pergeseran device dari desktop ke mode tablet. Tapi, Anda juga dapat mengaktifkan mode tablet pada desktop biasa jika Anda lebih memilih pengalaman tablet.

9. Say Hello to Windows Hello

Jendela Hello adalah fitur unik yang datang di Windows 10. Ini adalah cara tambahan baru untuk sign-in ke Windows 10 selain dari menggunakan password, PIN atau gambar. Jendela Hello bekerja dengan mengenali wajah dan sidik jari (untuk laptop yang memiliki scanner) dan memungkinkan Anda untuk login ke PC Anda dengan "melihat" wajah Anda (dengan kamera).



10. Command Prompt

Dibandingkan dengan Linux atau Terminal OS X, Command Prompt untuk Windows seperti aplikasi yang terjebak di tahun 80-an. Dimana Anda tidak dapat memilih teks dan melakukan copy paste. Untungnya bagi pengguna Windows 10, Command Prompt telah mengalami sejumlah perbaikan. Sekarang Anda dapat memilih garis, teks, drag-and-drop folder atau file. Anda juga dapat mengubah warna dan mengatur transparansi jendela.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More