Blog Request tutorial? klik disini!

  • Tips Mencegah Virus Dari Flashdisk

    Ditulis oleh: Arya Febiyan
    1026 kali dibaca
    08 Dec / 2013 22:31

    Anda tentu saja tidak bisa dilepaskan dari perangkat komputer. Perangkat komputer sepertinya sudah menjadi belahan hati anda karena banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan dengan perangkat komputer. Saat ini banyak sekali program yang sangat membantu pekerjaan anda. Anda bisa mengerjakan semua pekerjaan dimana saja dan kapan saja anda mau. Anda bisa memindahkan pekerjaan anda menggunakan flashdisk dengan cepat. Namun terkadang anda ada dalam masalah karena ternyata flashdisk anda tersebut bisa menjadi sumber penularan virus yang sangat cepat. Saat ini banyak virus yang disebarkan memang menggunakan flashdisk. Hampir semua orang menggunakan flashdisk dan tentu saja pembuat virus ini akan diuntungkan. Virus yang disebut virus Brontok sering sekali menyebar lewat flashdisk dan tentunya anda harus sangat mewaspadainya. Apa saja yang harus anda lakukan agar anda terhindar dari virus ini? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan:

    Pertama, anda sebaiknya mulai menon-aktifkan Autorun atau Autoplay. Saat ini banyak yang mengaktifkan fasilitas Autorun di flashdisk dan hal ini justru akan membuat wadah virus menjadi mudah masuk ke dalam flashdisk anda. Bagaimana cara mematikan fasilitas ini? Anda bisa menggunakan:

    • Microsoft Power Toys. Ini adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk merubah konfigurasi Windows XP anda. Anda harus mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu, menginstalnya lalu anda bisa mulai menjalankannya. Anda bisa langsung menonaktifkan Autoplay untuk DVD drives, CD atau Flashdisk.
    • Edit Grup Policy. Anda bisa dengan mudah mengedit grup policy dengan cara klik Start lalu Run, dan ketik GPEDIT.MSC dan anda akan bisa melakukan disable untuk Autoplay anda.

    Kedua, jika anda mau terhindar dari penyebaran virus lewat flashdisk, anda harus mau memasang dna selalu mengupdate Antivirus. Saat ini ada berbagai macam antivirus yang ditawarkan kepada anda. Anda juga bisa memilih antivirus yang memberikan fasilitas Live Protection. Ini akan memudahkan anda karena antivirus ini akan otomatis memperbaharui database untuk virus anda secara rutin. Anda tentu saja tidka boleh menggunakan antivirus yang kurang efektif. Sebisa mungkin anda selalu mencari antivirus yang baru sehingga anda benar-benar bisa melindungi komputer anda dari berbagai serangan virus baik dengan menggunakan flashdisk atau hal lainnya.

    Ketiga, anda juga bisa menghindarkan diri dari virus terutama ketika menggunakan flashdisk dengan cara selalu menjaga agar flashdisk tidka dibuka ketika transfer data dari komputer ke flashdisk anda. Ternyata cara ini sangat efektif untuk mengurangi virus yang akan menyebar di komputer anda. Ketika anda ingin menyimpan data atau file ke flashdisk, sebaiknya anda menyalin file lalu langsung transfer ke flashdisk anda. Anda juga jangan sembarangan menggunakan flashdisk terutama di komputer publik. Anda bisa menggunakan cara lain seperti menggunakan Bluetooth atau menggunakan cara lainnya. Ini akan menjadi cara yang sangat efektif untuk menghindarkan komputer anda dari serangan virus. Virus selalu berkembang dan antivirus anda sebaiknya juga selalu diperbaharui dengan antivirus yang mengikuti jaman dan perkembangan virus itu sendiri. Bagi anda yang ingin mendapatkan perlindungan maksimal untuk komputer anda, anda bisa mencari antivirus terbaru di beberapa situs internet sekarang juga. Pastikan anda tidak mengunduh antivirus dari situs yang tidak dapat dipercaya. Jadi jangan sampai anda membiarkan lagi virus masuk melalui flashdisk anda. Cari tahu cara lainnya untuk melindungi komputer anda dari serangan virus di beberapa situs internet sekarang juga.






Baca juga

Rukan Artha Gading Niaga Blok i - 23, Jalan Boulevard Artha Gading

Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

(Belakang Mall Artha Gading)

Telp: (021) 4585-0387


Ruko Permata Regensi Blok B - 18, Jalan Haji Kelik

Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630

(Depan Hutan Kota Srengseng)

Telp: (021) 5890-8355


Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23

Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470

(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)

Telp: (021) 2941-1188


Ruko Jalan Kartini Raya No. 53

Pancoran Mas, Depok 16436

(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)

Telp: (021) 7720-7657


Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid).

Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam.

(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)

Jakarta Selatan 12870

Telp: (021) 2298-3886

Buka setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00

SMS: 0851-0055-5666 / 0819-7555-666 / 0812-9933-3913 / 0812-9393-3210 / 0812-1999-9155