Tips Menjaga Keamanan Data Pribadi Di Media Sosial

22/09/2015    Alfiana Irsyada Salma    2775     Artikel Bebas

Media sosial menjadi populer pada zaman sekarang ini, dimana teknologi semakin lama semakin canggih membuat banyak orang berlama-lama mengunjungi media sosial. Namun, tidak selamanya media sosial memberikan kebaikan. Tanpa kita sadari para pengguna media sosial dengan mudahnya memberikan informasi pribadi kepada orang yang belum mereka kenal, seperti alamat rumah, foto pribadi, hobi, bahkan nomor ponsel, dan bisa juga yang lain sebagainya.

Membagikan sesuatu yang menjadi milik kita pribadi dapat berdampak tidak baik, bisa saja disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab sebagai sarana untuk melakukan tindakan kejahatan kepada diri sendiri maupun kepada keluarga atau orang terdekat.

Seorang pengamat keamanan dari Riset Communication and Information System Security Research Center [CISSC] Panji Agus Muttaqin mengatakan bahwa pelaku kejahatan lebih mudah melakukan aksinya dengan tingginya penggunaan media sosial melalui Social Engineering.

Social Engineering merupakan suatu teknik manipulasi psikologi untuk melakukan sebuah aksi ataupun mengungkapkan informasi rahasia. Teknik tersebut merupakan salah satu metode yang digunakan oleh para hacker untuk memperoleh informasi tentang targetnya dengan cara meminta informasi itu langsung kepada korban atau pihak lain yang memiliki informasi tersebut.

Agar kita terhindar dari kejahatan hacker alangkah baiknya kita melakukan langkah-langkah untuk memproteksi data pribadi di media sosial.

  1. Pastikan komputer atau gadget yang kita pakai untuk bersosial media aman, baik dari virus maupun spyware dengan menggunakan antivirus, firewall, dan selalu mengupdate aplikasi dan operating system yang digunakan.
  2. Berhati-hati ketika mengklik sebuah link. Karena link bisa dibajak untuk menyebarkan malware.
  3. Jika ingin menghapus akun media sosial, sebaiknya hapus secara keseluruhan data dan postingan kita sebelum akun di hapus.
  4. Ketik alamat sosial media kita secara langsung di browser, dari pada langsung melalui link dari email atau website lain.
  5. Berhati-hatilah menginstall aplikasi pihak ketiga di media sosial, seperti game atau kuis, karena tidak ada review terhadap aplikasi tersebut sehingga bisa saja aplikasi tersebut mengandung malware dan bisa melakukan posting tanpa seizing kita atau bahkan bisa mencuri data pribadi.
  6. Gunakan Password yang unik, sulit, dan kuat.
  7. Hati-hati dalam menerima permintaan pertemanan atau grup, pages dan lain sebagainya.
  8. Lakukan pengaturan privacy pertemanan, sehingga tidak semua teman dapat melihat postingan kita yang bersifat pribadi.
  9. Ketika mem-posting foto atau video, pastikan kita menghapus Meta Data di dalamnya. Meta data adalah informasi yang menjelaskan data yang berisi waktu, tanggal, tempat, dan dengan apa media tersebut diambil. Sehingga lokasi informasi pribadi lainnya dapat diamankan dengan menghapus meta data sebelum mem-posting data tersebut.
  10. Baca kembali “Privacy Policy” dari sosial media apakah situs tersebut dapat mengekspose email dan data lain kepada pihak ketiga atau tidak. Jika ada hal yang tidak sesuai dengan prinsip privasi kita, maka sebaiknya kamu mengganti sosial media tersebut.

Gunakanlah media sosial dengan baik dan benar agar tidak timbul suatu kejahatan yang dapat merugikan diri sendiri. Selamat mencoba

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More