Faktor Utama Dalam Pembuatan Film Dokumenter

03/04/2014    Bartholo Bush Sawa    4424     Desain

Setiap pembuat Film Dokumenter, mempunyai keharusan untuk menjaga bagian-bagian penting dalam film dokumenter yang digarapnya. Proses Editing merupakan faktor penting untuk membuat sebuah film dokumenter menjadi sangat menarik ketika dilihat dan ditonton. Seperti yang kita ketahui bersama, film dokumenter banyak diminati oleh para film-maker baru di Indonesia.

Untuk sekedar informasi kepada teman-teman, ada sebuah lembaga yang memang mendukung dalam menciptakan generasi-generasi baru dalam dunia per-film-an khususnya film dokumenter, yaitu EAGLE AWARD. EAGLE AWARD adalah Lembaga yang mengadakan sebuah kompetisi bagi para pembuat film dokumenter dari kalangan muda, khususnya mahasiswa. Merupakan wadah bagi kaum muda para peminat film dokumenter untuk menyampaikan aspirasi mereka dan respon isu-isu terkini tentang ke-Indoensia-an serta menjadi catatan sejarah secara visual dari pandangan kaum muda dalam melihat ke-Indonesiaan-nya.

Kembali lagi mengenai Film Dokumenter. Kebanyakan para pembuat film dokumenter, lebih awalnya cenderung berfokus pada bagaimana mendapatkan data video sebanyak—banyaknya, agar ketika film akan diedit, tidak takut akan kehilangan moment atau hal-hal penting yang sedang terjadi di lapangan. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal itu. Justru memang akan sangat membantu. Tetapi masih ada Proses Editing, yang merupakan proses yang panjang dalam memilih stock video, membutuhkan banyak kesabaran dan ketekunan, agar video dokumenter yang digarap menjadi sebuah film dokumenter yang baik.

Dibawah ini terdapat beberapa faktor utama agar dapat menghasilkan film dokumenter yang baik.

  • Bagaimana mendramatisasi hal-hal biasa.

Ketika mendapatkan stock film documenter, mungkin kita akan mendapatkan stock-stock video yang menurut kita jika ditampilkan tidak akan membuat orang tertarik. Tetapi dengan editing yang baik, kita akan bisa melihat dimana celah untuk meletakkan stock-stock video yang ada, sehingga menjadi sebuah film documenter yang baik.

  • Membuat hal-hal terlihat logis

Ketika membuat sebuah film documenter, sangat penting untuk mengatur rekaman video agar terlihat masuk akal. Hal yang kita teliti, semuanya adalah hal yang nyata. Tetapi tidak selalu apa yang kita dapat, bisa kita tampilkan dalam video. karena tidak semua orang bisa paham dengan apa yang kita tampilkan. Maka kita harus membuatnya menjadi sebuah video yang mudah di pahami oleh semua orang, dan terlihat logis.

  • Mengatur stock video dalam urutan yang benar.

Faktor utama lainnya adalah pengaturan alur dan mengurutkan stock video yang ada. Film documenter yang baik harus mampu menciptakan drama agar dapat melibatkan penonton, sehingga sangat penting dalam mengatur rekaman sehingga menjadi terorganisir dan terlihat dramatis.

  • Film Dokumenter harus Objektif

Salah satu keberhasilan dalam salam membuat sebuah film documenter adalah objektivitas Antara konten yang di dapat dengan apa yang kita tampilkan dalam film documenter kita. Film maker harus menjaga semua perspektif yang muncul dari para penonton yang terkait dengan topic utama. Setiap penonton pasti akan mempunyai banyak tanggapan atau pikiran mengenai apa yang kita tampilkan. persepsi orang selalu berbeda, tetapi akan bisa terkontrol jika kita bisa membuat semua orang menjadi terfokus pada materi yang ada dalam video dan dapat menerimanya, dan pastikan Film Dokumenter yang kita buat tidak membingungkan Penonton.

Sekian dulu teman-teman…. Terima Kasih dan Semoga bermanfaat .... smiley

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More