Amazon Web Service akan bangun data center di Indonesia!

Amazon Web Service (AWS) sebagai penyedia layanan data center masih mengandalkan Singapura sebagai tempat data centernya termasuk untuk konsumen di Indonesia. Meskipun demikian tak menutup kemungkinan jika diwajibkan oleh pemerintah untuk membangun data center di Indonesia. Menurut Richard Harshman, Head of ASEAN AWS penempatan data center di Indonesia bakal dipertimbangkan.

Pun demikian, Richard mengingatkan pengelolaan data center tidak boleh main-main dan perawatan infrastruktur mencakup segala aspek mulai dari network, power, hardware server, cooling dan lainnya. Intinya data center tersebut harus tetap online apapun yang terjadi.

"Kalau menggunakan layanan AWS, tim IT tidak perlu khawatir mengelola infrastruktur. Hal ini dikarenakan layanan cloud yang disediakan AWS memiliki cluster data center“, jelas Richard.

Pasokan daya yang presentasenya mencapai 99,5%. Oleh karena itu sebuah data center tak bisa mengalami gangguan pasokan listrik. Jika terjadi hal tersebut akan sangat merugikan konsumen. Disamping reputasi penyedia layanan cloud juga akan dipertanyakan oleh konsumen dan publik.

Sejauh ini penempatan data center di Singapura masih cukup memuaskan ujar Richard, di Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (15/4/2015).

Untuk diketahui AWS memiliki sebanyak 11 data center untuk pelanggannya dari seluruh dunia. Khusus Asia Tenggara, berpusat di Singapura.

Meskipun bersedia mempertimbangkan membuka data center namun AWS belum akan membuka kantor perwakilan di Indonesia selama public dapat mengakses layanan yang berada di Singapura pungkas Richard.

16 April 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat