Mengenal Perbedaan WordPress.com Dengan WordPress.org

20/10/2016    Alfiana Irsyada Salma    1647     Website

Bagi seorang blogger sudah tidak asing lagi ketika mendengar tentang WordPress, karena WordPress sendiri merupakan sebuah platform terkenal. Namun, bagi kalangan blogger pemula cukup membingungkan menggunakan WordPress, pasti sebagian dari kalian juga belum mengetahui letak perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org. Berikut ini kita akan sama – sama mengenal perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org.

Jika kalian sudah mengetahui perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org kalian dapat dengan mudah memutuskan dengan baik WordPress versi mana yang cocok dengan tujuan blogging kalian. Yuk sama – sama mengenal perbedaan kedua platform tersebut.

WordPress.com

Dalam situs web WordPress.com tertulis slogan “Focus on your beautiful content and let us handle the rest”. WordPress.com adalah sebuah platform yang membutuhkan perawatan dari hampir semua sisi teknis blogging, WordPress.com dapat memberikan kalian fitur yang hanya diperlukan saja, seperti posting dan berbagi. Berikut ini beberapa fitur yang disediakan oleh WordPress.com

  • Hosting keamanan dan backup semua dilakukan oleh WordPress, sehingga kalian tidak harus menggunakan layanan pihak ketiga untuk kedua hal tersebut.
  • Kalian diizinkan untuk custom domain misalnya (WebSiteAnda.com atau websitebudi.com) melalui Upgrade.
  • Terdapat banyak Free Designs untuk dipilih dan juga banyak pilihan premium.
  • Tidak terdapat Plugins – ada beberapa adalah Built In.
  • Iklan bergambar dan iklan dari pihak ketiga tidak diperbolehkan di WordPress.com sehingga kalian tidak dapat menggunakan layanan seperti Google AdSense.
  • Memiliki tiga Plans yang tersedia, yakni Free, Premium, dan Business. Biasanya untuk mempermudah hanya membandingkan versi gratis dan premium.

WordPress.com Free Plan

  • Gratis. Ditambah kalian bisa memiliki domain bloganda.wordpress.com. Selain itu, include 3GB space gratis.
  • Sayangnya kemungkinan iklan akan muncul pada blog kalian, berarti kalian tidak memiliki kontrol apakah WordPress menempatkan iklan atau tidak pada situs kalian.
  • Kalian dapat menggunakan desain Pre – Made dari Showcase tema mereka dengan keterbatasan untuk Customize desain tersebut.
  • WordPress menempatkan iklan pada footer kalian bertuliskan “Create a free website or blog at WordPress.com” serta link desain yang kalian gunakan.

WordPress.com Premium Plan

  • Biaya Upgrade sekitar $99 per-tahun. Bisa custom domain (bloganda.com).
  • Kalian dapat “Editing Abilities” menggunakan Custom Design atau Editor CSS. Memperoleh space sebesar 13GB.
  • Iklan dari WordPress akan dihapus dari situs ini.

WordPress.org

WordPress.org adalah sebuah platform yang sering disebut sebagai self-hosted WordPress, pada platform ini kalian akan membutuhkan sedikit penyesuaian untuk mempelajarinya, namun dari segi manfaat menurut saya sangat tepat dan layak digunakan dalam aktivitas blogging. Beberapa hal yang perlu kalian tahu dari WordPress.org

  • Semua hosting, keamanan, dan backup harus dilakukan sendiri oleh pengguna sehingga kalian harus mencari hosting sendiri yang bagus dan berkualitas. Misalnya menggunakan hosting Rumah Web atau Master Web sebagai jasa penyedia domain dan hosting, dan masih banyak lagi.
  • Kalian bisa menggunakan tema custom yang dibuat oleh desainer lain atau membuat sendiri menggunakan CSS dan PHP. Kemungkinan custom desain yang tak terbatas.
  • Plugins memungkinkan pengguna untuk menambahkan fungsi tambahan ke dalam situs kalian, seperti Widget, Sidebar, atau kemampuan berbagi.
  • Instalasi pada WordPress tidak ada biaya sedikitpun, namun kalian harus membayar untuk domain dan hosting khusus. Kalian juga harus memiliki Custom Domain untuk dapat menggunakan platform WordPress.org.

Jadi, kalian sekarang sudah mengenal perbedaan WordPress.com dengan WordPres.org. Kalian bisa memilih platform mana yang tepat dengan kebutuhan kalian. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More